Tiga Pesawat Bawa 245 WNI Dari Wuhan ke Natuna

245 WNI dari Wuhan, Tiongkok saat tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Minggu (02/02/2020) pagi

Batam, Kabarserasan.com–Setelah menjalani proses pemeriksaan awal, 245 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok yang tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau pada Minggu (02/02/2020) pagi, langsung menjalani pemeriksaan. Setelah turun dari pesawat, saru persatu WNI disemprot dengan cairan antibiotik.

Selanjutnya, mereka dijadwalkan akan dibawa ke Natuna, Kepulauan Riau, dengan tiga pesawat, ke Natuna, Kepulauan Riau. Tiga pesawat tersebut, dua unit berjenis boeing dan satu unit berjenis hercules.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Batam Mayor Wardoyo mengatakan, pihaknya mempersiapkan tiga pesawat tersebut atas perintah Presiden Joko Widodo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Di Jakarta, Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman pada Minggu (02/02/2020) pagi memastikan semua WNI yang dijemput dari Wuhan ini, tidak ada tanda-tanda terinfeksi virus corona. Penetapan status sehat itu setelah mereka menjalani proses pemeriksaan kesehatan sesuai standar World Health Organization (WHO).

“Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan sudah dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO,” kata Fadjroel.

Ia memastikan bahwa pemerintah menjalankan semua proses evakuasi kemanusiaan dan transit observasi itu berdasarkan Inpres Nomor 4/2019. Kebijakan ini dibawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahduf MD dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Menurut Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, di Natuna nanti, WNI ini akan diobservasi selama 14 hari. Kemenkes, kata Menkes, telah menyiapkan dokter spesialis paru, dokter jiwa, serta petugas kesehatan lainnya seperti perawat. (jun)

Baca Berita Terkait:
245 WNI Dari Wuhan Tiba di Tanah Air
Virus Corona, Kenalilah

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here