TP PKK Muara Enim Promosikan Kopi Semende

Pengurus PKK Muara Enim memetik kopi di kawasan Semende/ Foto:Kabarserasan.com

Muaraenim, Kabarserasan.com—Kawasan Semende, Kabupaten Muara Enim, telah lama dikenal sebagai kawasan penghasil kopi di Provinsi Sumatra Selatan, selain panorama indah dan kesejukan udaranya yang masih alami. Kawasan Semende—wilayah tiga kecamatan, berada di kaki Bukit Barisan dan sebagian besar masyarakatnya hidup sebagai petani kopi.

Data terakhir Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim, luas areal perkebunan kopi di Kabupaten Muara Enim 23,495 hektare, yang mayoritasnya berasal dari kawasan ini, tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Ulu (SDU). Selebihnya dari Kecamatan Tanjung Agung, yang berbatasan dengan Semende.

Mayoritas jeni kopi di Kabupaten Muara Enim adalah Robusta, yang berbentuk bulat, dengan kandungan kafein berkisar antara 1,7% hingga 4 %–lebih tinggi dari jenis Arabika yang fisiknya berbentuk lonjong dengan kandungan kafeinny berkisar 0,8% hingga 1,4%. Di kawasan Semende, mayoritas tumbuh jenis Kopi Robusta, tapi di sebagian tempat juga banyak tumbuh jenis Kopi Arabika, yakni di Desa Segamit, (SDU) dan beberapa desa di Kecamatan Tanjung Agung.

Jika anda berkunjung ke kawasan Semende, akan ditemukan hamparan pohon kopi yang hijau, salah satunya di Desa Cahaya Alam (SDU) yang beberapa waktu lalu didatangi pengurus TP PKK Kabupaten Muara Enim, dipimpin ketuanya, Ir Hj Sumarni Ahmad Yani MSi. Mereka sengaja datang untuk melihat potensi wisata alam yang dimiliki kawasan ini, termasuk perkebunan kopi yang sudah terkenal.

Di sini, oleh kelompok petani kopi setempat, para ibu pengurus PKK ini diajak memetik kopi, dan menjalankan proses pengolahannya hingga menjadi bubuk kopi yang siap dinikmati. Mulai dari tahap Sortasi (pembersihan kotoran dan pemisahan antara yang superior dan inferior), pengeringan (mengurangi kandungan air, salah satunya dengan penjemuran), pengupasan kulit, hingga pengemasan.

Dan, sama seperti pengunjung kebanyakan, para pengurus TP PKK Kabupaten Muara Enim ini juga tidak melewatkan kesempatan menikmati keindahan panorama alam sekitar. Menurut Sumarni, kawasan Semende ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata. Begitu pun dengan perkebunan kopi yang menjadi tumpuan kehidupan ekonomi warganya, akan ia upayakan untuk menembus pasar di luar Kabupaten Muara Enim, nasional bahkan dunia. (Jun)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here