Muaraenim, Kabarserasan.com—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat Kabupaten Muara Enim, Jumat (01/03/2024) siang.

Mengambil tempat di salah satu hotel di Kota Muara Enim, rapat itu dibuka Ketua KPU Kabupaten Muara Enim, Rohani. Selain dihadiri para Komisioner KPU setempat, hadir juga Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali, jajaran Forkopimda, Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim Zainudin, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Muara Enim, serta pimpinan partai politik (Parpol) di daerah itu.

Ketua KPU Kabupaten Muara Enim Rohani, mengatakan, pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 di Kabupaten Muara Enim yang dilaksanakan 14 Februari 2024 hingga saat itu tahapannya berjalan lancar tanpa kendala berarti. Untuk itu Ani—sapaan akrab wanita ini, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi untuk terciptanya situasi kondusif tersebut.

“Kami, sangat mengapresiasi kepada pemerintah daerah, rekan-rekan TNI – Polri yang telah memberikan dukungan dan menjamin keamanan sepanjang proses pemilu berlangsung,” ujar Rohani.

Proses rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat kabuaten yang dijalani hari itu, jelas Ani, sesuai dengan ketentuan pasal 47 peraturan KPU Nomor 5 tahun 2024, sebagai tahapan lanjutan dari kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan, dan secara berjenjang tahapan ini dilaksanakan hingga penetapan hasil pemilihan umum oleh KPU RI sebagai penanggungjawab akhir rangkaian panjang tersebut.

Sebagai pemimpin dari 110 PPK, 765 PPS, dan 12.502 KPPS, lanjut Ani, KPU Kabupaten Muara Enim senantiasa tegak lurus menjaga prinsip independensi dan sikap netral dalam pelaksanaan tugas. Bersama Bawaslu Kabupaten Muara Enim sebagai lembaga penyelenggara senantiasa patuh dan tunduk pada tata aturan yang berlaku, konsisten menjadi tulang punggung bagi masyarakat dalam memberikan hak pilih, menjadi pelayan bagi masyarakat sekaligus pelayan bagi peserta Pemilu.

Pj Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak di daerah itu yang telah ikut mendukung terciptakanya pelaksanaan Pemilu 2024 dengan lancer, aman dan tenang

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, kami menyampaikan ucapan ribuan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara pemilihan umum (KPU, Bawaslu, PPK, PPS, dan KPPS,” kata Rizali.

Rizali mengingatkan, jika dalam proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara itu terdapat perbedaan perhitungan, ia minta pihak yang keberatan menyampaikan keberatannya dengan menunjukkan data agar dapat disinkronkan, bukan sekedar asumsi.

“Kami mengajak masyarakat untuk menerima hasil Pemilu dengan hati yang lapang dan menerima apa pun hasil pemilihan dalam pesta demokrasi Pemilu 2024. Perbedaan pendapat itu hal yang wajar namun dapat dijadikan sebagai pengikat bersama dalam menuju tujuan bersama,” tegas Rizali. (fir)

Advertisement