Jelang Imlek, Vihara Tertua di Bandar Lampung Mulai Sibuk

Bandarlampung, Kabarserasan.com—Kemeriahan tahun baru Imlek di Lampung sudah terlihat di Vihara Thay Hin Bio, vihara tertua di Provinsi Lampung yang terletak di Jalan Ikan Kakap, Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung.

Pantauan Kabarserasancom Kamis (15/02/2018) siang, ratusan lampu lampion sudah menghiasi jalanan menuju vihara ini. Keberadaan Vihara Tyay Hin Bio ini sendiri sudah dikenal warga setempat karena sudah ada sejak tahun 1896 dan pernah mengalami renovasi pada tahun 1967, sebagai pusat peribadatan umat Budha Theravada, dari etnis Tionghoa di Bandar Lampung.

Persiapan lainya juga terlihat di dalam vihara. Sejumlah pengurus vihara terlihat sibuk menata pernak pernik perlengkapan ibadah persembahayangan untuk menyambut hari raya Imlek Jumat besok. Ratusan lilin berukuran besar sudah terpasang rapi di dalam vihara dengan atribut khasnya.

“Vihara ini mampu menampung 1000-an orang umat etnis Tionghoa saat beribadah pada perayaan imlek setiap tahunnya. Menyambut masuknya tahun baru anjing ini, umat etnis Tionghoa berharap kemurahan rezeki, lebih aman dan kondusif hidup dengan antarumat beragama lain di Provinsi Lampung,” ujar Sekjen Pengurus Vihara Thay Hin Hio Lampung, Johan Suwandi Wangsa. (ano)

 

Leave a Reply