MPR Siap Gelar Sidang Tahunan dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI

Jakarta, Kabarserasan.com—Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyatakan sudah siap untuk melaksanakan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2020 yang puncaknya akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo yang agendanya mendengarkan pidato kenegaraan presiden.

Seperti biasa, Sidang Tahunan MPR ini akan dilaksanakan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta. Terkait masih merebaknya virus Covid 19, pihak MPR menyatakan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tata cara Sidang Tahunan MPR juga sudah dikoordinasikan dengan Sekretariat Jenderal DPR RI dan DPD RI.

“MPR RI sudah siap melaksanakan Sidang Tahunan dan Sidang Bersama MPR RI, DPR RI dan DPD RI, besok (Selasa) mulai pukul 09.30 WIB, dimulai dengan pembukaan, pemgantar sidang oleh Ketua MPR dan Ketua DPR untuk mendengarkan pidato kenegaraan oleh Presiden RI,” kata Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam konferensi pers, Senin (15/08/2022)

Sidang Tahunan MPR akan dihadiri Presiden dan Wakil Presiden, dan sejumlah menteri dan pimpinan lembaga negara. Untuk memenuhi ketentuan protokol kesehatan Covid-19, MPR menetapkan hanya perwakilan dari fraksi dan DPD serta tamu undangan yang bisa menghadiri Sidang Tahunan MPR.

“Sehingga dalam ruang sidang harus memenuhi protokol Covid-19 dengan social distancing. Jadi, di dalam ruang sidang jaga jarak benar-benar diperhatikan,” tuturnya.

Bagi anggota MPR yang tak bisa menghadiri Sidang Tahunan MPR secara fisik, bisa mengikuti sidang secara virtual melalui zoom meeting. Sidang Tahunan MPR juga bisa disaksikan melalui siaran televisi maupun siaran langsung di Youtube. Untuk itu, MPR menyediakan ruang khusus

Sidang Tahunan MPR merupakan agenda rutin setiap tahun dan sudah menjadi konvensi ketatanegaraan yang berlangsung sejak 2015. MPR menggelar Sidang Tahunan untuk memfasilitasi lembaga negara menyampaikan laporan pelaksanaan tugasnya kepada masyarakat.

Sidang Tahunan MPR ini juga menjadi forum untuk mendapatkan sejumlah informasi yang sudah dilaksanakan lembaga negara selama satu tahun. Ini sebagai bentuk akuntabilitas lembaga negara kepada masyarakat. Lembaga-lembaga negara yang menyampaikan laporan kinerjanya kepada masyarakat adalah MPR, DPR, DPD, Presiden, MK, MA, KY, dan BPK.

Pada Sidang Tahunan MPR 2020, Presiden akan menyampaikan pidato yang merangkum kinerja semua lembaga negara karena tidak mungkin setiap pimpinan lembaga negara menyampaikan laporan kinerjanya secara langsung dalam Sidang Tahunan MPR dikarenakan kondisi Pandemi. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here