SMSI Muara Enim Alergi Berita Hoax

Ketua SMSI Sumsel Jhon Heri didampingi Ketua SMSI Muara Enim memberikan Plakat kepada Plt Bupati Muara Enim H Juarsah. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Muara Enim diharapkan dapat memberikan kontrbusi positif dalam pembangunan di Kabupaen Muara Enim.

Hal ini disampaikan Ketua SMSI Sumsel Jhon Heri saat melantik dan mengukuhkan pengurus SMSI Kabupaten Muara Enim di Balai Agung Serasan Sekundang Kota Muara Enim, Selasa (03/10/2020).

Terpilih sebagai ketua SMSI Periode 2020-2023 adalah Hafizul Ahkam, Sekretaris Taufik Firdaus, sementara Bendahara dijabat Endang Saputra.

Dalam sambutannya Jhon Heri membeberkan, SMSI berawal dari pemikiran para senior dan pimpinan PWI seluruh Indonesia melihat maraknya media online yang ada saat ini dan berada diluar jalur kaedah jurnalistik.

” SMSI dan PWI ini dia organisasi yang sama-sama konstituen Dewan Pers dan SMSi terlahir dari pikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya pelurusan pemberitaan di bidang siber yang sudah sangat jauh dari kaidah dan aturan jurnalistik,” bebernya.

Dijelaskannya, SMSI diresmikan ditahun 2015 di Pusat dan bertugas membimbing media siber yang ada untuk memenuhi syarat-syarat yang disyaratkan Dewan Pers menuju perusahaan media yang profesional.


Ketua SMSI Sumsel Jhon Heri dan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah bersama pengurus SMSI Muara Enim. Kabarserasan.com/amr

“SMSI ini mempunyai wewenang melakukan bimbingan bagi para pilih media siber untuk
melengkapi segala bentuk kelengkapan sebagai media hingga tidak terjerat UU ITE. Maka itu mari bagi kawan-kawan yang memiliki website untuk melengkapi segala persyaratan yang ada hingga medianya memiliki akta Perusahaan dan berbagai persyaratan lainnya, ” terang Jhon.

Pada kesempatannya yang sama Plt Bupati Muara Enim H Juarsah berharap terjadinya sinergitas antara SMSI dengan Pemkab Muara Enim khususnya dalam pemberitaan.

” Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik, maka dalam kesempatan ini saya berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional dan bertanggungjawab,” kata Juarsah.

Selain itu hadirnya SMSI di Muara Enim harus bisa memberi nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang informatif dan edukatif.

” Hindari pemberitaan yang bersifat bohong (hoax), fitnah maupun provokatif. Sehingga
terciptanya sinergitas antara SMSI selaku Organisasi Media dan PWI selalu organisasi profesional wartawan yang ada di kabupaten Muara Enim bersama Pemkab Muara Enim,” harapnya.

Juarsah juga mengajak awak media untuk dapat berkontribusi langsung dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

” Dalam demokrasi, terdapat empat pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu eksekutif sebagai fungsi pemerintahan, legislatif sebagai fungsi aspirasi rakyat, yudikatif sebagai fungsi hukum dan yang terakhir adalah pers yang menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial,” kata Juarsah yang juga Ketua Penasehat SMSI Muara Enim ini.

” Ayo berkontribusi dalam pembangunan daerah, sebagai kontrol sosial terhadap jalannya
pemerintahan dan menjembatani antara pemerintah dengan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua SMSI Muara Enim Hafizul Ahkam menyampaikan kesiapan SMSI Muara Enim menjalun hubungan baik dengan semua elemen yang ada di kabupaten Muara Enim demi terciptanya pembangunan yang kondusif di kabupaten Muara Enim.

“Hadirnya SMSI di kabupaten Muara Enim sebagai wadah berkumpulnya para pemilik media Siber di Kabupaten Muara Enim sebagai cerminan dan kontrol sosial pembangunan di Kabupaten Muara Enim terkhusus terkait pemberitaan. Apalagi SMSI merupakan organisasi yang resmi menjadi konstituen Dewan Pers setelah PWI sebagai wadah organisasi profesi wartawan yang hadir di Kabupaten Muara Enim,” ujar Hafizul.

Dalam pelantikan yang tetap mengunakan protokol kesehatan Covid-19 itu,  turut adir
Forkopimda, Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno, SKPD dilingkup Pemkab Muara Enim,
Manajer Humas PTBA Iko Gusman, Ketua SMSI se Sumsel, serta undangan lainnya.

Penulis/Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here