H Juarsah: Peran Pers Sangat Penting Dalam Pembangunan

Ki-ka: Ketua PWI Siswanto, Plt Bupati H Juarsah, Plt Ass I Emran Thabrani dan Kadin Kominfo Ardian Arifanard. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com –– Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah SH menyadari peran pers dalam pembangunan sangat penting. Hal ini disampaikan H Juarsah saat menerima audiensi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim terkait program sinergi antara PWI Kabupaten Muara Enim dan Pemkab Muara Enim tahun 2020 dan tahun 2021.

“Saya melihat peran serta pers sangat penting dalam pembangunan. Perannya sebagai sosial kontrol berupa saran dan kritik dalam pembangunan itulah yang ingin saya harapkan. Saya mendukung usul dan saran dari rekan PWI untuk teknis dapat atau tidaknya direalisasikan dapat dikoordinasikan dengan dinas terkait dengan mengacu kepada aturan dan kemampuan yang ada,” kata Juarsah, Senin (02/11/2020).

Pada kesempatan itu Juarsah berharap ajang silaturahmi dengan wartawan dapat diagendakan per bulan atau per 3 bulan.

” Silaturahmi dalam agama sangat dianjurkan karena memanjangkan umur dan memperbanyak rezki. Selain itu, momen seperti ini dapat menjadi bahan evaluasi atas kinerja dan kerjasama yang sudah dijalankan. Terkait hibah tahun 2021 dari Pemkab Muara Enim, dirinya berharap OPD terkait dapat mempelajarinya dan disesuaikan dengan aturan yang ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Kabupaten Muara Enim, Siswanto SE dalam audiensi mengatakan, ada beberapa hal yang perlu disinergikan diantaranya soal dana hibah PWI Muara Enim tahun 2021 dari Pemkab Muara Enim, soal hibah tanah, dan anggaran publikasi yang masih minim.

“Kita meminta kejelasan dari Pemkab Muara Enim terkait masalah itu demi keberlangsungan profesi wartawan di Kabupaten Muara Enim, khususnya kawan-kawan wartawan yang tergabung di PWI Muara Enim,” ujarnya

Sementara itu, Kadin Kominfo Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi menjelaskan, saat ini jumlah anggaran publikasi di Kantor Kominfo Kabupaten Muara Enim tahun 2020 sebanyak 51 persen dari total anggaran Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim.

Dijelaskannya, pihaknya telah bekerjasama dengan 81 media cetak dan 68 media online dan dua media elektronik.

“Kendalanya memang ada sebagian kawan-kawan media online yang belum terpuaskan dengan kerjasama yang ada terkait kuantitas kerjasama. Saran kami, jika diperbolehkan selain di Kominfo, pihak Humas, Protokol dan Komunikasi Pimpinan juga dapat menganggarkan kerjasama ditahun 2021,” jelas dia.

Terkait dana hibah, Kaban Kesbangpol Linmas Kabupaten Muara Enim, Andi Wijaya menjelsakan, pihaknya akan memperlakukan PWI sama dengan ormas lainnya. Jika ada hibah, maka hibahnya dalam bentuk kegiatan. “PWI dapat mengajukannya dalam bentuk proposal dan dianggarkan di tahun berikutnya, sifatnya tidak terikat dan tidak terus-menerus,” paparnya.

Selain Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam auidiensi tersebut juga dihadiri Plt Asisten I, Drs Emran Thabrani, Kaban Kesbangpol Kabupaten Muara Enim, Drs Andi Wijaya, Kadin Kominfo Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi dan staf ahli Pemkab Muara Enim, Alfarizal serta jajaran pengurus PWI Kabupaten Muara Enim.

Penulis/Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here