Masyarakat Jambi Deklarasi Kebangsaan “Bersatu Dalam Kebhinnekaan” 

Jambi, Kabarserasan.com — Untuk menyukseskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu, 20 November besok di Jakarta, ribuan masyarakat Jambi menggelar deklarasi kebangsaan “Bersatu Dalam Kebhinnekaan” di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (19/10/2019).
Ribuan masyarakat Jambi dari berbagai elemen masyarakat, tokoh agama, pemuda, ormas dan pelajar hadir dalam deklarasi yang diinisiasi Kapolda Jambi.

Menurut Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, meski berasal dari berbagai latar belakang berbeda, namun harus bersatu dalam kebhinekaan.

“Mari sama-sama kita mendukung pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden agar berjalan sejuk, aman, dan damai,” tandasnya.

Baginya, Provinsi Jambi harus tetap aman kondusif karena masyarakat Jambi cinta perdamaian. “Kita tidak boleh membuat kegaduhan di tempat sendiri dan harus diberi kebaikan,” ujar Muchlis.

Sementara, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengajak kepada masyarakat Provinsi Jambi untuk menggelorakan untuk membangun Bangsa Indonesia.

Dia menambahkan bahwa deklarasi kebangsaan negara Indonesia yang didirikan oleh tetesan darah dan air mata.

“Maka pilar kebangsaan sebagai komitmen kita, Pancasila, UUD 45, NKRI dan Kebhinekaan merupakan harga mati. Kita harus pertahankan dan kita gelorakan untuk membangun bangsa kita,” harap Edi.

Menurutnya, untuk memproklamirkan kemerdekaan itu mudah, tapi mengisi dan menjaga begara agar ada selama-lamanya itu tidak gampang.

“Maka hari ini, kita minta rajut kembali. Besok akan ada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, itulah hasil demokrasi kita. Semoga kedepan, bangsa Indonesia ini dapat berdaulat berdikari dan bermartabat membangun dengan bergotong royong,” tukas Edi.

Dalam Deklarasi Kebangsaan yang dibacakan oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dan diikuti oleh ribuan masyarakat Jambi, berbunyi “Kami masyarakat Provinsi Jambi mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang sejuk, aman, dan damai di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”.

Deklarasi kebangsaan tersebut, juga dihadiri Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, Sekda Provinsi Jambi M Dianto, serta berbagai ormas dan pelajar di Jambi.

Acara tersebut, juga diisi tausiyah kebangsaan dan doa untuk negeri. Selain itu, juga ada penyampaian pesan kebangsaan dari Legium Veteran, Ketua DPRD, dan Sekda Provinsi Jambi.

Disamping itu, kegiatan juga dimeriahkan penampilan bermacam-macam kesenian, seperti reog, barongsai dan Rolling Thunder Komunitas Otomotif se-Provinsi Jambi.

Di lokasi acara, panitia juga menyediaman 40 gerobak sarapan gratis bagi peserta yang hadir. (Azi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here