Festival Nyeruput 5000 Kopi Muara Enim Meriah

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah mencicipi kopi di salah satu outlet peserta Festival Nyeruput 5000 Kopi 2019. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Ribuan masyarakat dari berbagai elemen menghadiri Festival Nyeruput 5000 Kopi 2019 yang diselenggarakan oleh Pemkab Muara Enim dengan leading sector Dinas Pariwisata Kabuaten Muara Enim.

Kegiatan yang merupakan bagian dari colorfull Muara Enim ini di buka Plt.Bupati Muara Enim di lapangan bundar taman Adipura Kabupaten Muara Enim, Jum’at (18/10/2019).

Turut hadir juga dalam acara tersebut Ketua Tim Wasev TMMD Brigjen TNI Amalsyah Tarmizi SIP, Ketua DPRD diwakili oleh wakil ketua DPRD Kab Muara Enim Nino Andrian, SE , FKPD dan OPD Kabupaten Muara Enim, para pelajar dan masyarakat umum lainnya.

Brigjen TNI Amalsyah tarmizi SIP dalam sambutannya menyatakan rasa bangganya dapat
menghadiri Festival Nyeruput 5000 kopi ini. “Saya bangga dengan kemajuan Muara Enim saat ini dan memberikan apresiasi kepada pemerintah Kab Muara Enim atas terselenggaranya dan suksesnya festival nyeruput 5000 kopi ini, ” ujarnya.

Sementara Plt Bupati Muara Enim H Juarsah mengatakan, kopi merupakan minuman yang terkenal yang mengandung kafein dan memiliki cita rasa yang tinggi. ” Sekarang banyak variasi minuman dari kopi. Ini membuat penggemarnya memiliki banyak pilihan untuk dinikmati,” kata Juarsah.

Menurutnya, saat ini tidak hanya di kalangan kaum dewasa namun juga kaum remaja milenial juga sudah pada ngopi semua. ” Ide kreatif dan unik dalam penyajian minum kopi menjadi sisi yang dapat diunggulkan,”ujarnya.

Dikatakan Juarsah, luas lahan pertanian kopi di Kabupaten Muara Enim sekitar 2300 hektar lebih dan dengan hasil produksi pertahun lebih kurang 26000 ton per tahun.

Adapun yang menjadi primadona Kabupaten Muara Enim adalah Kopi Semende. Kopi asal Semende sudah sejak lama dikenal secara internasional bukan nasional saja.

” Ada produksi kopi bubuk di Palembang, Bengkulu, Lampung di Jakarta dan kota besar lainya, ternyata berasal dari Semende. ” Suatu kebanggaan bagi kita dan suatu nilai lebih dari itu peluang bisnis yang sangat besar bagi kaum milenial untuk membuka lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Adanya acara festival 5.000 kopi hari ini dapat lebih mengenalkan kopi lagi dengan cita rasa yang bervariasi yang sangat cocok dengan kaum milenial.

Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri ke Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim.

Peserta nyeruput 5000 kopi ini diikuti oleh seluruh Kabupaten/ Kota se Sumatera Selatan, Bahkan ada yang berasal dari Bengkulu dan Lampung. Hadirnya para barista kopi, membuat kegiatan ini menjadi lebih semarak. (Amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here