Peduli UMKM Dampak Covid, PTBA Lakukan Pembinaan

Muaraenim,kabarserasan.com—Untuk mendukung tumbuh dan berembangnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di wilayah Kabupaten Muara Enim, khususnya di Tanjung Enim, PT Bukit Asam Tbk melalui Program Rumah Kreatif Bukit Asam, terus memberikan bantuan kepada pelaku usaha kelompok ini, berupa permodalan, pembinaan serta pelatihan manajemen keuangan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berkerja sama dengan pihak ketiga, seperti yang mereka lakukan beberapa waktu lalu dengan menggandeng GenZ Preneurs Comunity, dalam rangka membangun kemitraan bersama UMKM yang berada di sekitar Tanjung Enim dan Muara Enim

Kegiatan ini diikuti oleh 25 para pengusaha. Manager Keuangan PTBA Laurentius Agus Haryadi menjelaskan, kegiatan tersebut memang menyasar para pelaku usaha kelas UMKM, karena menganggap di tengah pandemi Covid 19 ini, kelompok usaha ini yang paling merasakan dampaknya.

Oleh sebab itu, PTBA secara serius ingin agar masyarakat mampu beradaptasi dengan perubahan ini dan dapat melakukan inovasi-inovasi di dalam menjalankan bisnisnya agar mampu survive dan tetap berkembang. “Salah satu bentuk keseriusan PTBA ialah dengan menggelar kegiatan ini,” ujar Agus, kepada media yang menemuinya di sela-sela kegiatan tersebut, Jumat (25/06/2021).

Terkait ini, Asisten Manager Bina Mitra PTBA, Mustofa Kamal menjelaskan, kegiatan ini tidak lepas dari komitmen PTBA untuk terus berupaya mendorong pelaku usaha UMKM naik kelas “Kita ingin UMKM yang berada di sekitar area perusahaan bisa naik kelas, dengan ditunjukkan pengelolaan bisnis yang profesional, naiknya omset dan jumlah karyawannya bertambah,” kata Mustofa.

Pada kegiatan tersebut, bertindak sebagai narasumber antara lainMarutha Kristian yang merupakan Direktur GenZ Preneurs, yang memberikan materi tentang Filosofi Piramida Bisnis yang dimulai dari keharusan seorang pebisnis memiliki mindset yang benar soal uang.

‘Novansyah, owner warung pempek “Ena`O yang menjadi peserta kegiatan, mengaku sangat senang dan mendukung kegiatan yang dilakukan PTBA ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif karena membuka cakrawala wawasan peserta soal berbisnis.

“Kami usulkan kegiatan seperti ini untuk sering diadakan terutama dalam tema digitalisasi marketing karena seperti yang disampaikan Bapak Marutha tadi sebagai Narasumber bahwa digital marketing sudah menjadi keharusan bagi para pengusaha,” pungkas Novansyah. (Kiki)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here