Sungai Lubai Meluap, Desa Pagar Gunung Banjir

Banjir di Desa Pagar Gunung Kecamatan Lubai. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Desa Pagar Gunung Kecamatan Lubai, Muara Enim, Sabtu (3/3/2018) terendam banjir. Bencana banjir ini disebabkan intensitas hujan yant tinggi beberapa hari terakhir.

Informasi yang berhasil dihimpun, banjir itu terjadi sejak pukul 03.30 wib pagi. Tak hanya rumah, beberapa ruas jalan juga tergenang air hingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim Tasman, saat dihubungi media ini membenarkan peristiwa tersebut. “Banjir itu terjadi sejak pukul 3.00 pagi dengan ketinggian 30 hingga 60 cm,” ungkap Tasman.

“Letak desa yang berada di bantaran Sungai Lubai sehingga selalu terjadi banjir saat sungai meluap. Banjirnya musiman, jadi warga sudah siap dan antisipasi menghadapi banjir,” imbuhnya.

Lanjut Tasman, meski luapan air cukup tinggi, aktifitas warga tidak terganggu karena sudah terbiasa sehingga telah menyiapkan perahu di dekat rumah. “Bahkan ada warga yang mencari rezeki menangkap ikan saat banjir terjadi,” ungkapnya.

Tasman menuturkan, pihaknya tetap berkoordinasi dengan seluruh pihak baik dari Koramil maupun Polsek di wilayah tersebut, guna antisipasi jika terjadi hal yang tak diinginkan.

“Kita juga terus menghimbau masyarakat agar selalu siap siaga. Jika hujan deras berlangsung lama dan berpotensi banjir, segera mencari tempat untuk mengungsi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kabag Ops Kompol Zulkarnain mengatakan, jika pihaknya telah menyiagakan personel untuk terus melakukan pengecekan di lokasi banjir.

“Hingga sore ini, ketinggian air sudah mulai turun yakni 5 hingga 10 cm. Tidak ada kerugian materil dan aktifitas warga masih berjalan normal,” pungkasnya.(ans)

 

 

Leave a Reply