Walikota Fasha: Harganas Momentum Bangkitkan Keluarga yang Berkualitas dan Cerdas

Walikota Jambi H Syarif Fasha menyampaikan kata sambutan pada peringati Harganas di Kota Jambi. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Pembangunan yang ideal, adalah pembangunan yang berkelanjutan dan menyasar kepada berbagai aspek yang mengutamakan pemenuhan hajat hidup masyarakat.

Pembangunan yang ideal juga tidak hanya bertumpu pada pembangunan fisik dan infrastruktur semata, lebih dari itu, pembangunan juga mengutamakan aspek pembangunan manusia sebagai pondasi pembangunan yang berkelanjutan.

Di bawah kepemimpinan Walikota Jambi H Syarif Fasha, pembangunan manusia menempati prioritas utama Pemerintah Kota Jambi selain pembangunan fisik dan infrastruktur.

Hal tersebut mengemuka saat Walikota Jambi Syarif Fasha menyampaikan sambutannya pada kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIV Tingkat Kota Jambi dan momentum Bhayangkara dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan yang digelar di Lapangan Yuka Kelurahan Paal Merah Kecamatan Paal Merah Kota Jambi, Rabu (9/8/2017).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Mukhtar Bakti, unsur Forkompimda Kota Jambi, Ketua TP PKK Kota Jambi Hj Yuliana Fasha, Kepala OPD se-Kota Jambi, camat, lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Ketua RT se-Kecamatan Paal Merah serta kader KB se-Kota Jambi.

Pada kegiatan yang mengambil tema, “Dengan Harganas, kita bangun karakter bangsa melalui keluarga yang berketahanan” tersebut, Fasha mengungkapkan bahwa momentum peringatan Harganas merupakan upaya yang tepat untuk meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Dia juga menuturkan, bahwa untuk menciptakan generasi yang berkualitas dimasa yang akan datang, dimulai dari lingkungan keluarga yang cerdas, tangguh dan bahagia.

“Dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang berkualitas kepada anggota keluarga sejak dini, akan menjadikan keluarga sebagai wahana yang tangguh bagi terwujudnya keluarga yang berkualitas, sehat, dan cerdas. Pola pengasuhan yang diberikan orang tua akan menentukan karakter anak selanjutnya. Delapan fungsi keluarga harus dijalankan setiap keluarga dalam membangun keluarga yang berketahanan. Orang tua harus bisa menjadi panutan bagi anaknya,” ujar Fasha

Delapan fungsi yang dimaksudkan oleh Walikota yang bertabur prestasi tersebut, adalah fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.

Proses tersebut dapat dilakukan dalam bentuk pendidikan, pengasuhan, pembiasaan, dan keteladanan, yang dimulai sedari dini oleh orang tua kepada anaknya.

“Dengan anak-anak yang soleh dan soleha, In sya Allah ada jaminan keluarga tersebut akan bahagia dan sejahtera. Penekanan Harganas ini juga adalah untuk menciptakan dan membuat keluarga yang bahagia dan sejahtera, dimana keluarga bahagia dan sejahtera itu adalah keluarga kecil yang berkualitas,” tandasnya.

Selanjutnya Fasha juga mengatakan, bahwa bukan berarti keluarga besar tidak berkualitas, namun keluarga kecil itu cenderung lebih mudah menjadi keluarga berkualitas. Oleh karenanya Dia mendorong upaya menggalakkan gerakan keluarga berencana, sebagai upaya membangun keluarga berkualitas.

Pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIV Tingkat Kota Jambi dan momentum Bhayangkara dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan tersebut, Fasha bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dan unsur Forkompimda, turut nenyerahkan berbagai penghargaan dan hadiah lomba dalam rangka Harganas ke XXIV Tingkat Kota Jambi.

Pada puncak kegiatan Harganas tersebut, juga diselenggarakan berbagai display produk unggulan peningkatan kesejahteraan keluarga dari berbagai UKM binaan seluruh TP PKK Kecamatan di Kota Jambi. Tidak ketinggalan, juga terdapat layanan KB Gratis, aksi sosial donor darah, sosialisasi kamtibmas dari Polresta Jambi dan layanan SIM Keliling dari Dirlantas Polda Jambi. (azhari/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here