Fikri Rio Yohanda, Warga Suku Anak Dalam Pertama yang Masuk Polri

Fikri Rio Yohanda bersama kedua orang tuanya. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Siapa yang melarang atau menyangka jika suku terasing tidak bisa berprestasi dan bisa masuk anggota Polri.

Buktinya, remaja berperawakan tegap ini merupakan calon anggota polisi yang berasal dari suku Rimba atau suku anak dalam (SAD) yang ada di Provinsi Jambi.

Remaja berusia 19 tahun dengan tinggi badan 165 centimeter dan bernama Fikri Rio Yohanda (19) adalah anak dari pasangan Sukri (45) dan Erawati (39) yang kini menetap di wilayah Desa Tanjung Lebar, Unit 10, Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Fikri mulai hari Rabu ini (9/8/2017) sudah mengikuti pendidikan pembentukan (diktuk) Bintara Polri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi. Remaja berkulit sawo matang itu lahir di hutan pedalaman Jambi pada 8 September 1997.

Diakuinya, bersama dengan orangtua dan sanak keluarganya telah meninggalkan kebiasaan melango (berpindah tempat tinggal) dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Kelompoknya ini, telah pindah ke permukiman transmigrasi di wilayah Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, yang terletak berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Sedangkan ketika menempuh pendidikan, Fikri tidak tinggal bersama orang tuanya. Ia sejak SD tinggal bersama neneknya di wilayah Kabupaten Batanghari, karena tempat orang tuanya tinggal saat ini cukup jauh ke lokasi pendidikan.

Baca Juga: Temui Kapolda Jambi, Warga Suku Anak Dalam Ingin Jadi Polisi

“Saya baru tinggal bersama orang tuannya ketika menempuh pendidikan SMA di wilayah Sungai Bahar,” kata Fikri.

Perjuangan meraih cita-cita ingin menjadi polisi cukup keras. Pasalnya, ini merupakan yang kedua kalinya. “Sebelumnya sempat gagal pada tahun 2016 dan pada 2017 dinyatakan lulus tes dan saya menjadi anak Suku Rimba pertama di Jambi yang masuk polisi,” ungkap Fikri penuh bangga.

Didampingi kedua orangtuanya, Fikri hanya ingin mengabdi kepada negara. “Saya juga ingin mengajak rekan sebayanya keluar dari hutan untuk mengabdi kepada NKRI.”

Penulis: Azhari
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here