Keterbatasan Fisik Bukan Halangan Menjalani Hidup

Bangun Adi dan kendaraan "dinas"nya.

Muara Enim, Kabarserasan.com – Bangun Adi (37) Warga Desa Kepur Kecamatan Kota Muara Enim yang menderita cacat tubuh. Kakinya yang tidak berfungsi dengan baik sejak dari kecil, sehingga dia tidak bisa berjalan.

Namun, kekurangan tersebut tidak membuat Adi berkecil hati apalagi menyerah. Dia selalu optimis dalam menjalani hidup.

” Awalnya sempat pesimis juga pak. Saya cacat, ekonomi orang tua juga pas-pasan, ” kata Bangun Adi kepada sejumlah media beberapa waktu lalu.

Akhirnya dia sadar, meski tubuhnya kurang sempurna dia bertekad untuk berkarya. Bangun Adi memilih untuk berkarya menjadi tukang servis elektronik.

” Dengan modal seadanya saya memberanikan diri untuk berkarya memperbaiki alat-alat
elektronik. Modalnya nekat, karena saya belajar secara otodidak,” tuturnya sambil tersenyum.

Seiring berjalannya waktu, keahliannya semakin meningkat dan pelanggannya semakin banyak. Ini terlihat dengan menumpuknya alat elektronik seperti TV, kipas angin, DVD dan lain disudut rumahnya.

Untuk menambah ilmu, Bangun tak segan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan baik yang
diselenggarakan pemerintah maupun melalui perusahaan.

” Alhamdulillah, sekarang sudah banyak pelanggan yang mempercayakan perbaikan barang elektroniknya dengan saya,” ujarnya penuh rasa syukur.

Namun dia dulu sempat kesulitan untuk melakukan aktifitas bisnisnya karena hanya mengandalkan tongkat agar bisa berjalan. Tentu saja hal ini membatasi geraknya.

Kemudian dia berpikir untuk memiliki alat transpotasi. Melalui masukan dari temannya, kemudian Bangun memodifikkasi sepeda motor menjadi kendaraan roda yang khusus untuk dia pakai.

Dia menuturkan, awalnya agak canggung dan takut juga menggunakan beroda tiga tersebut. Namun setelah dicoba beberapa kali akhirnya dia merasa nyaman. Kendaraan khusus tersebut juga bisa membawa barang untuk di servis.

” Keterbatasan fisik jangan membuat kita berkecil hati dan putus asa. Yang penting kita mau bekerja dan berdoa, pasti kita bisa. Jika orang-orang bisa mencari rejeki kita juga bisa,” ujarnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply