Tenaga Kerja Asing di Jambi Didominasi China

Yendri Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jambi (azi)

Jambi, Kabareserasan.com – Jumlah tenaga asing di Jambi di tahun 2016 lalu menurun drastis dari tahun sebelumnya. Namun, tenaga asing asal RRC masih terbanyak bekerja di perusahaan- perusahaan yang tersebar di Provinsi Jambi.

“Saat ini, jumlah tenaga asing di posisi Desember 2016 lalu menurun drastis, yakni hanya 121 orang yang bekerja di 30 perusahaan di Jambi,” kata Yendri Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jambi di Kenali Asam Atas, Kota Jambi, Kamis (09/02/2017).

Sedangkan pada tahun 2015, paparnya, jumlah tenaga asing mencapai 221 orang yang bekerja di 43 perusahaan yang ada di Provinsi Jambi.

“Dari 121 tenaga asing yang saat ini terdaftar bekerja di Jambi masih didominasi tenaga asing asal RRC, yakni sebanyak 55 orang,” ungkap Yendri.

Selain RRC, tenaga kerja asing dari negara lain juga ada, seperti Taiwan, India dan Italia. “Kebanyakan tenaga asing yang bertugas di Jambi dalam rangka transfer teknologi kepada pekerja lokal,” imbuhnya.

Menurutnya, mereka dikontrak selama lima tahun untuk memberikan tenaga ahli sesuai bidangnya di perusahaan yang ditugaskan. “Usai tugasnya, mereka kembali ke negara asalnya masing-masing-masing, ” jelasnya.

Yendri mencontohkan tenaga asing di Petrocina saat ini sudah menurun. “Pada periode 2015 terdapat 17 orang tenaga asing, pada tahun 2016 malah tidak ada sama sekali. Namun memasuki tahun 2017 tercatat hanya 1 orang tenaga asing yang dipekerjakan,” kata Yendri. (azi)

Leave a Reply