Menikmati Kopi Semende di Gardenia Cafe

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar foto; Kabarserasan.com/Amr

Muara Enim, Kabarserasan.com –  Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar  menyambut baik dibukanya gerai kopi Gardenia Cafe  yang berada di Hotel Griya Sinetesa Muara Enim.  Gardenia Cafe ini menempatkan kopi Semende sebagai minuman utamanya.

Muzakir mengatakan, langkah Hotel yang berlokasi di Jalan Karet Muara Enim ini patut dicontoh oleh elemen masyarakat, terutama yang bergerak di usaha pariwisata, perhotelan maupun kuliner.

” Kopi Semende telah dipatenkan dan memiliki lisensi Indikasi Geografi (IG) dari Kementerian Hukum dan HAM. Jadi soal cita rasa, kebersihan dan kualitasnya tak diragukan lagi,” kata Muzakir didampingi Wabup Nurul Aman saat peluncuran Gardenia Cafe, Jumat ((27/1/2017).

Muzakir berharap, semua stake holder dapat membantu mempromosikan kopi Semende agar lebih dikenal lagi, baik bagi pecinta kopi di Indonesia maupun manca negara.

” Kualitas cita rasa kopi Semende mendapat nilai 8+ sehingga mendapat predikat special tea dari ahli kopi. Artinya secara cita rasa Kopi Semende diakui dan bisa bersaing dengan kopi lain yang sudah dikenal. Tinggal bagaimana kita mempromosikan, agar pecinta kopi bisa menikmatinya,” ujar Muzakir.

Sementara General Manager Hotel Griya Sintesam Ibara Widartha mengatakan, sebabagi hotel yang berada di Muara Enim, Griya Sintesa terpanggil untuk mempromosikan kopi Semende sebagai produk lokal yang berkualitas kepada para tamu hotel.

GM Hotel Griya Sintesa Ibara Widarta bersama Wabup Muara Enim Nurul Aman,, menikmati kopi Semende di Gardenia Cafe Hotel Griya Sintesa Muara Enim
GM Hotel Griya Sintesa Ibara Widarta bersama Wabup Muara Enim Nurul Aman,, menikmati kopi Semende di Gardenia Cafe Hotel Griya Sintesa Muara Enim

Ibara menjelaskan, promosi yang paling efektif adalah yang dilakukan  oleh warga Muara Enim sendiri secara bersama-sama. ” Hotel Griya Sintesa merasa terpanggil dan berkewajiban untuk mengangkat dan mempromosikan kopi Semende ini  agar lebih dikenal oleh masyarakat luar,” kata Ibara.

Menurut Ibara,  semakin dikenalnya Kopi Semende sebagai produk Kabupaten Muara Enim secara otomatis akan membuat Kabupaten Muara Enim semakin dikenal. Selain itu akan menggairahkan petani kopi di Semende.

” Untuk produk kopi  kita bekerja sama dengan petani kopi di Semende yang memiliki lisensi. Yang kita suguhkan adalah  kopi Semende yang murni sehingga rasanya benar-benar enak dan original. Namun ada juga varian lain seperti cafelatte, cappucino dan lain-lain,”  terangnya.

Keistimewaan Kopi Semende terletak pada cita rasa dan aroma kopinya yang kuat karena menggunakan biji kopi dari jenis Arabica. ” Kopi Arabica sangat cocok untuk penikmat kopi yang memiliki masalah dengan lambung, sebab Kopi Arabica memiliki kandungan cafein yang rendah,” ujarnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply