Mahasiswa IPB Laksanakan KKN Tematik di Muara Enim

Teguh Sumitro mengatakan mereka terdiri dari 8 orang dari Fakultas Peternakan dan 2 orang dari Fakultas Pertanian dan akan berlangsung dua bualan.

” KKN tematik ini akan berlangsung selama dua bulan dan akan dilaksanakan di Kecamatan Muara Enim dan Gelumbang,” kata Teguh di Gedung Pemkab Muara Enim, Jum’at (15/07/2016).

Teguh mengungkapkan, mahasiswa yang melakukan KKN Tematik di Muara Enim berasal dari Sumatera Selatan.

Adapun daerah yang menjadi tujuan KKN tematik ini ada 6 provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Banten , Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Teguh berharap para mahasiswa yang KKN di Muara Enim dapat mengaplikasi ilmunya kepada para petani. ” Kita berharap, selain mencari ilmu disini, mereka juga bisa mengaplikasikan ilmu secara maksima,” harap Teguh.

Sementara itu, salah peserta KKN dari Fakultas Pertanian Jurusan Ilmu Nutrisi dan teknolgi pakan IPB, Melva mengatakan dia melaksanakan KKN di Muara Enim karena memang kebijakan dari IPB agar putera daerah kembali ke daerah masing-masing.

” Insha Allah kita bisa mengaplikasikan ilmu yang kami dapat disini,” ujarnya.

Melva menuturkan, kendala yang mungkin akan dihadapi adalah melakukan pendekatan kepada masyarakat. ” Masyarakat Sumatera di kenal memiliki karakter yang keras,” kata Melva.

Namun dia tidak khawatir dengan hal ini. ” Kita sudah punya strategi khusus untuk menghadapinya. Kita pun sudah sering turun ke lapangan,” kata mahasiswi semester VI ini.

Selain itu, sebagai mahasiswa IPB dia dituntut untuk aktif di organisasi, dilapangan maupun dikelas. ” Kita sama-sama belajar dengan masyarakat masyarakat,” ujarnya.

Sebagai Info, KKN tematik adalah KKN yang dilaksanakan pada posisi khusus, misalnya di Muara Enim ini khusus mengenai Peternakan dan Pertanian.

Penulis: Khairul Amr
Editor: Amr

 

 

 

Leave a Reply