Muara Enim Kembali Raih Adipura

Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, menerima penghargaan Adipura tersebut yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya,  disaksikan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (23/11/2015).

Penghargaan Adipura yang kesepuluh kalinya ini sekaligus menjadi kado istimewa bagi Kabupaten Muara Enim pada hari jadinya yang ke-69.

“Alhamdulillah Muara Enim kembali meraih Piala Adipura, ini benar-benar luar biasa dan saya ucapkan terimakasih pada warga Muara Enim atas kerjasamanya mempertahankan Piala Adipura tahun ini,” ujar Nurul Aman di Jakarta, Senin (23/11/2015)

Menurut Nurul, penghargaan ini menjadi bukti kerjasama dan bukti hasil kerja keras bersama-sama dengan masyarakat dalam menjaga kebersihan,  keindahan dan ketertiban kota Muara Enim.

“Prestasi yang telah diraih ini tidak membuat terlena, kita jadikan penyemangat agar dimasa yang akan datang dapat meraih penghargaan yang lebih tinggi yaitu Adipura Kencan,” harap Nurul.

Nurul menambahkan, untuk meraih Adipura Kencana, tidaklah mudah diperlukan kerja sama dan komitmen semua pihak. Peran serta masyarakat sangatlah besar, untuk itu diharapkan keterlibatan masyarakat terlebih menjaga lingkungan sekitarnya. Muara Enim sendiri telah memiliki roadmap dalam rangka meraih Adipura Kencana untuk diimplementasikan oleh semua SKPD terkait.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Muara Enim Zulkarnain mengatakan, penghargaan Adipura ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa  karena hanya diberikan kepada 50 kabupaten/kota di Indonesia. Apalagi, proses penilaian tahun ini lebih ketat dibandingkan dengan penilaian tahun-tahun sebelumnya. 

Berdasarkan rilis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, penilaian nasional Adipura selama empat tahun terakhir mengalami kenaikan dari 63,31 menjadi 67,51. Kenaikan sebesar 6,63% ini merupakan indikasi kenaikan kualitas lingkungan hidup perkotaan secara nasional.

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here