ICW; Pengadaan Barang dan Jasa Dominasi Kasus Korupsi di 2014

Hal tersebut ungkapkan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo dan Koordinator Divisi Kampanye Publik ICW, Tama S Langkun, dalam diskusi hukum dengan tema Tinjauan Yuridis Tindak Pidana Korupsi Dalam Upaya Pencegahan Korupsi bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim di ruang Bappeda Muara Enim, Rabu (22/4/2015).

Menurut Tama, tingginya kasus dibidang pengadaan barang dan jasa karena bidang ini sangat rentan terjadi permainan belanja barang terutama dalam hal harga dan jumlah satuan.

Selain pengadaan barang dan jasa, pemberian dana bansos dan segala bentuk pemberian perizinan menyangkut pengelolaan sumberdaya alam juga rentan tindak pidana korupsi.

Sementara untuk pelaku korupsi lanjut dia, sepanjang 201 pelaku korupsi terbanyak adalah pejabat atau pegawai Pemda/Kementerian. Pada semester dua urutan terbanyak pelaku korupsi adalah pelaksana proyek, PPTK, KPA dan PPK. Semester satu, urutan terbanyak kedua adalah direktur, komisaris, konsultan dan pegawai swasta.

“Untuk khusus Provinsi Sumsel dan Kabupaten Muara Enim kasus dugaan korupsi yang ditangani penegak hukum sebagian besar berada pada sektor infrastruktur, keuangan daerah dan sosial kemasyarakatan,” terang dia.

Untuk mencegah tindak pidana korupsi, lanjut dia, instansi atau pemerintah daerah harus memaksimalkan fungsi inspektorat untuk pengawasan internal.

Sementara itu, ditambahkan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo, sepanjang tahun 2014 sebanyak 43 kepala daerah yang menjadi tersangka. Hal ini meningkat dibanding tahun 2013 sebanyak 35 kepala daerah. Untuk anggota DPRD sepanjang tahun 2014 terdaoat ada 81 orang menjadi tersangka, meningkat dari tahun 2013 sebanyak 60 orang. (ME-4)

Berita Lain:
Kejaksaan Muara Enim Tetapkan Tersangka Korupsi Mobil Pemadam Kebakaran
Kejaksaan Geledah Kantor BPBD Muara Enim
Tunjangan Naik, Kerja Harus Maksimal
Gemslover Bersaing Dalam Kontes Batu Akik ‘Bupati Cup 2015’
Lagi, Bandar Sabu Dibekuk
Tersandung Kredit Fiktif, Kacapem Bank Syariah Mandiri Ditahan
JPU Tuntut 2 PNS Diknas Muara Enim 20 Tahun
6.499 Siswa Menengah di Muara Enim Ikut UN 2015
Truk Angkutan Batu Bara Masuk Jurang
Polsek Lembak Tangkap Dua Pengedar Sabu-Sabu
Anjing Gila Serang 8 Warga di Tanjung Agung
Muara Enim Belum Siap UN Online

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here