TNI dan Polri Berkomitmen Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Jakarta, Kabarserasan.com—Di tengah keraguan rakyat—menyusul beberapa tindakan apparat keamanan menurunkan baliho Capres-Cawapres tertentu di sejumlah daerah,  pimpinan TNI dan Polri, Senin (27/11/2023) menandatangani empat komitmen netralitas mereka dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Penandatanganan deklarasi empat komitmen netralitas dilakukan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam acara “Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat” di salah satu hotel di Jakarta. Penandatanganan dilakukan di depan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan ketiga pasangan Capres-Cawapres.

Komitmen pertama, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas. Kedua, menghindari konflik kepentingan dan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu. Ketiga, bersama-bersama melakukan upaya pencegahan pelanggaran pemilu dan politik uang. Terakhir, atau keempat, saling bersinergi untuk menjaga kondusivitas penyelenggaraan pemilu.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, Rakornas Sentra Gakkumdu Pemilu 2024 dilakukan dalam rangka meningkatkan soliditas dan menyamakan pemahaman persepsi dalam sebuah penegakan hukum pemilu dalam mewujudkan keadilan pemilu.

Mengenai ini, Bagja mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi, menyamakan pemahaman, dengan semua jajarannya, mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota, provinsi, untuk mengawasi pelaksanaan komitmen netralitas ini.

Bagja menjelaskan, perkembangan pengawasan di daerah sampai 2023 ini. Sentra Gakkumdu telah melakukan penanganan Pemilu di tahapan pemuktahiran data pemilih dan sampai pencalonan capres-cawapres Pilpres 2024. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here