Dukung Tanjung Enim Kota Wisata, PTBA Gelar Workshop Pegiat Seni Reog

Muara Enim, Kabarserasan.com—Dalam upaya mendukung Tanjung Enim sebagai Kota Wisata, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melakukan banyak hal, salah satunya meningkatkan kualitas pelaku seni budaya, seperti yang mereka lakukan dengan menggelar Workshop dan Pelatihan Seni Tari Multikultural Reog & Pegon selama 2 hari, 23-24 September 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Tanah Putih Tanjung Enim itu melibatkan 200 penggiat seni yang berasal dari 18 Paguyuban Reog & Pegon yang ada di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan.

Ketua Bidang Kesenian Budaya dan Kearifan Lokal Tim Implementasi Tanjung Enim Tujuan Kota Wisata Yuhendri Wisra, mewakili manajemen PTBA, menjelaskan, kegiatan ini bagian dari Program Gong Enim perusahaannya.

“Program Gong Enim dari Bidang Kesenian Budaya dan Kearifan Lokal Tim Implementasi Tanjung Enim Kota Tujuan Wisata bertujuan meningkatkan kualitas dari kesenian multikultural Reog serta Pegon yang merupakan kesenian yang berkembang dengan baik di tengah masyarakat Tanjung Enim,” jelasnya.

Terkait ini, Budi Lesmono selaku perwakilan Tim Implementasi Tanjung Enim Tujuan Kota Wisata mengharapkan, nelalui program tersebut semua kegiatan seni di Kabupaten Muara Enim akan terwadahi sehingga mempunyai nilai tambah.

“Tentunya kalau ini sudah tercapai akan menumbuhkan perekonomian setempat, ini sebenarnya sasaran dari kegiatan seni yang ke arah profesional,” ujar Budi.

Untuk pengisian materi kegiatan workshop ini, PTBA menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Achmad Dipoyono, S.Sn., M.Sn., Siska Hariyati, S.Sn., dan Setyaji, yang ketiganya merupakan praktisi, penari kesenian Jawa sekaligus sebagai akademisi. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here