Dukung Tanjung Enim Jadi Kota Wisata, PTBA Hadirkan Waterpark

Tanjungenim, Kabarserasan.com—Memanfaatkan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada 2 Maret 2023, Klawas Waterpark yang dibangun perusahaan ini di Tanjung Enim resmi dibuka untuk masyarakat umum.

Destinasi baru ini merupakan bagian dari program PTBA menjadikan Tanjung Enim Kota Wisata yang dicanangkan PTBA bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Soft launching Klawas Waterpark dilakukan Kamis (02/03/2023) oleh Direktur Utama PTBA Arsal Ismail—didampingi para direksi perusahaan ini, bersama Sekda Muara Enim, Riswandar, Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki, dan sejumlah pejabat Kecamatan Lawang Kidul.

“Pada pagi hari ini, kita bersama-sama menyaksikan sejarah baru untuk kota Tanjung Enim kita. Waterpark Tanjung Enim yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan,” kata Arsal.

Pembangunan Klawas Waterpark dimulai pada Oktober 2019. Luas bangunan di dalam area Waterpark sebesar 3.994 m2. Fasilitas di dalam area Waterpark terdiri dari main entrance, water playground, kolam penerima, ruang ganti dan bilas, musholla, kolam dan taman hias.

Klawas Waterpark buka setiap hari dari Senin-Minggu. Harga tiket masuk Rp 20.000 per orang pada Senin-Jumat dan Rp 25.000 per orang pada Sabtu-Minggu. Arsal menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pembangunan Klawas Waterpark sehingga tantangan yang ada dapat diselesaikan.

“Saya berharap fasilitas ini dapat meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata di Tanjung Enim sesuai dengan cita-cita kita bersama menjadikan Tanjung Enim sebagai kota wisata. Mudah-mudahan Waterpark ini dapat menjadi langkah awal untuk pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung lain di kota yang kita cintai ini,” tutupnya.

Terkait Program Tanjung Enim Kota Wisata, PTBA telah memulai pembangunan berbagai sarana dan infrastruktur untuk pengembangan pariwisata di Tanjung Enim. Selain Waterpark, ada Museum Batu Bara, Pusat Kuliner, Taman Sriwijaya, Mini Zoo & Jogging Track Tanjung Enim, Plaza Saringan dengan ikon Tombak Kujur yang merupakan senjata pusaka peninggalan leluhur Dusun Tanjung Enim.

Area-area bekas tambang lainnya pun akan dijadikan kawasan hijau untuk ekowisata, misalnya Botanical Garden, danau buatan, Orchard Park (Taman Buah), RTH Berangau Park, Agroforestry, dan lainnya. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here