Jelang Idul Adha PTBA Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Muaraenim, Kabarserasan.com—Menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban. Mengambil tempat di Masjid Jami’ Bukit Asam.

Pelatihan dilaksanakan Senin (04/07/2022) dengan peserta dari 50 rumah ibadah Islam (masjid, musala, langar) di Kecamatan Lawang Kidul dan Kecamatan Muara Enim, yang diundang untuk kegiatan itu. Para peserta yang hadir diberikan berbagai materi seperti fikih kurban, hewan yang sehat berdasarkan kriteria dari dokter hewan, dan proses penyembelihan hewan kurban.

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Asisten Manajer Perencanaan dan Dokumentasi CSR PTBA Mustafa Kamal, Ustaz H Midi selaku Kepala Kantor Urusan Agama Lawang Kidul, Dokter Hewan Rendi dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Muara Enim, serta Ustaz Zarkoni selaku Juru Sembelih Halal Tanjung Enim.

“Mudah–mudahan dengan adanya pelatihan ini, kita dapat memotong hewan kurban dengan baik dan dengan syariat Islam,” kata Mustafa Kamal.

Menurut Rendi, pelatihan ini sangat baik karena warga masyarakat yang masih awam soal fikih kurban dan tata cara penyembelihan hewan kurban, dengan pelatihan ini jadi tahu. “Dengan adanya pelatihan seperti ini, kita akan menghasilkan daging yang lebih ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) lagi. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan dan diperbanyak lagi,” ujarnya.

Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pembekalan kepada pengurus masjid, musala dan langgar dalam penyelenggaraan pemotongan hewan kurban agar sesuai dengan syariat Islam. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here