PTBA Ajak Semua Pihak Peduli Lingkungan

Kabarserasan.com—PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengajak semua pihak untuk peduli pada lingkungan, termasuk lingkungan kerja. Saat membuka workshop bertema ‘Satu Bumi untuk Masa Depan’ di Gedung Serba Guna (GSG) Baru PTBA pada Jumat (01/07/2022), Direktur Operasi Produksi PTBA, Suhedi mengatakan, pentingnya kepedulian itu karena bumi hanya satu dan harus dijaga bersama.

PTBA menggelar workshop ini sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2022 di mana Indonesia menetapkan target Net Zero Emission 2060. Workshop mengambil tema “Satu Bumi untuk Masa Depan”.

PTBA sebagai perusahaan energi yang berkomitmen pada lingkungan pun telah melakukan berbagai langkah untuk menekan emisi karbon, salah satunya Eco Mechanized Mining alias mengganti peralatan pertambangan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi elektrik.

“Contohnya saja, PTBA mempunyai alat gali yang cukup besar PC 3000 yang menggunakan listrik, para pompa juga kita menggunakan listrik, semua mulai beralih ke listrik. Bahkan dalam waktu dekat, PTBA juga akan membeli 15 bus untuk untuk karyawan juga bus listrik. Selain dilakukan upaya bagaimana melakukan penyerapan emisi, salah satunya dengan melakukan reklamasi, penanaman Daerah Aliran Sungai (DAS),” kata Suhedi saat memberikan sambutan.

Suhedi menegaskan, aturan terkait lingkungan hidup harus benar-benar dijalankan. “Itu semua kita lakukan demi menjaga lingkungan. Dan saya ingatkan para mitra kerja sekalian, terkait lingkungan ini ada tindakan-tindakan pidana. Jadi hati-hati, saya ingatkan sekali lagi untuk benar-benar menaati terkait masalah lingkungan. Minimal kita mengikuti kewajiban-kewajiban kita yang sudah ada, minimal itu, tapi sebaiknya lebih dari itu,” tegas Suhedi di hadapan para peserta workshop dan undangan dari unsur mitra kerja PTBA

Workshop ini dimoderatori General Manager PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim Venpri Sagara dan menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Herdadi, Research Analyst ASEAN Center of Energy Monika Merdekawati, Kordinator Bidang Pengendalian Pemanfaatan dan Pelestarian Hutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Fatma Puspitasari, dan Duta Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK), Tasya Kamila. (fir)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here