Pelayanan PDAM Lematang Enim Semakin Baik

Kantor PDAM Lematang Enim. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com – PDAM Lematang Enim keberadaannya sangatlah penting khususnya dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Muara Enim secara berkesinambungan dengan mengutamakan pelayanan yang efektif dan efsien. sehingga dapat mewujudkan “MUARA ENIM UNTUK RAKYAT YANG AGAMIS, BERDAYA SAING, MANDIRI, SEHAT DAN SEJAHTERA”. 

PDAM Lematang Enim dibentuk berdasarkan Perda Kabupaten Muara Enim No.4 Tahun 1986. Berdasarkan KEPMEN ODTA No.8 Tahun 2000, tentang Pedoman Akutansi PDAM, Organisasi PDAM Lematang Enim adalah kategori Type B dengan jumlah pelanggan puluhan ribu.

Hingga Tahun 2019 ini, PDAM Lematang Enim, Kabupaten Muara Enim, terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi memuaskan para pelanggan yang menikmati air bersih, bahkan, PDAM Lematang Enim telah berkomitmen, mewujudkan pelayanan air bersih 24 jam bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Direktur Utama PDAM Lematang Enim Sartono S.H. Kabarserasan.com/amr

Direktur Utama PDAM Lematang Enim Sartono S.H menginginkan dan melihat agar perusahaan PDAM Lematang Enim terus berkembang, maju dan sehat. Bisa menyejahterakan para karyawannya, serta tentunya dapat memuaskan para pelanggannya, yaitu masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Manajemen PDAM dibawah komandonya dituntut untuk menyelesaikan sejumlah problem dan permasalahan yang ada di tubuh PDAM Lematang Enim. Seperti misalnya tingkat kebocoran air yang masih tinggi, tunggakan pelanggan, piutang perusahaan serta perbaikan kualitas air.

Semua itu, tidak lain untuk menciptakan perubahan dan mengembangkan PDAM Lematang Enim menjadi besar.

“PDAM Lematang Enim menargetkan peningkatan cakupan layanan air bersih bagi semua warga di Kabupaten Muara Enim. Upaya terus dilakukan dengan mengoptimalkan pelayanan ke pelanggan tidak hanya kuantitasnya, melainkan meningkatkan kualitas pelayanan air bersih yang dinikmati masyarakat luas,”kata Sartono

Lanjut Sartono, tugas pokok PDAM adalah memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat secara berkesinambungan dengan mengutamakan pelayanan yang efisein dan efektif, untuk dapat dikelola dengan mengedepankan prinsip-prinsip ekonomi perusahaan, namun tetap memperhatikan fungsi sosialnya.

“Dalam pelaksanaannya adalah mengutamakan kepuasan pelanggan dengan mewujudkan pelayanan 4-T. Pertama, tepat jumlah, volume air yang didistribusikan sesuai kebutuhan masyarakat. Kedua, tepat kualitas, kualitas air memenuhi standar mutu yang ditetapkan pemerintah. Ketiga, tepat waktu, waktu pendistribusikan tepat sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Dan terakhir, tepat harga, harga air sesuai kebutuhan biaya (biaya produksi) ditambah tingkatkan yang wajar,”jelasnya.

Bak Penjernihan Air PDAM LE. Kabarserasan,com/amr

Menurut Sartono, peningkatan pelayanan ini seiring semakin meningkatnya jumlah penduduk, peningkatan ekonomi dan kebutuhan masyarakat akan air bersih yang semakin meningkat.

Untuk mewujudkan pelayanan PDAM Lelamatang Enim yang prima, perusahaan melakukan pengembangan usaha secara optimal dengan meningkatkan kualitas pengolahan, kuantitas pengaliran,serta meningkatkan jumlah pelanggan.

Kemudian, melakukan pemeliharaan sistem pengolahan air untuk mempertahankan kualitas dan kuantitas air sesuai standar baku mutu air bersih (air minum). Memelihara, memperbaiki, serta menambah sistem jaringan perpipaan untuk menjamin sisten pengaliran berfungsi secara maksimal.

Selanjutnya, meningkatkan pendapatan melalui penetapan tarif yang berkeadilan, proporsional, transparan, dan terjangkau, sesuai ketentuan yang berlaku. Menciptakan perusahaan daerah yang Good Corporate Governance (GCG) dan menerapkan standar operasi dan pelayanan agar kepuasan konsumen dapat terpenuhi.(amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here