PWI Muara Enim Kenalkan Dunia Jurnalistik Kepada Siswa SMA

Seusai kegiatan para peserta foto bersama. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim bekerjasama dengan PT Medco E&P Lematang menggelar sosialisasi kegiatan jurnalistik yang diselenggarakan di aula SMAN 1 Muara Enim, Rabu (11/12/2019).

Ketua PWI Muara Enim Siswanto mengatakan, kegiatan merupakan bukti kepedulain PWI Muara Enim dan PT Medco E&P Lematang terhadap dunia pendidikan.

“Dengan mengenalkan dunia jurnalistik kepada siswa-siswi SLTA diharapkan mereka akan mendapat gambaran yang benar seperti apa kerja wartawan itu,” kata Siswanto.

Pada kesempatan itu Siswanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PT Medco E&P Lematang dan pihak SMAN 1 Unggulan yang telah mendukung kegiatan ini.

“Terima kasih kepada manejemn PT Medco Energi semoga maju dan jaya memberikan kontribusi kepada Masyarakat yang lebih banyak lagi khususnya kepedulian terhadap dunia pendidikan. Kepada pihak SMAN 1 unggulan yang telah mamfasilitasi kegiatan ini kami juga mengucapkan teriam kasih. Semoga kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini, akan lebih baik di masa mendapatang,” harap Siswamto.

Siswanto menambahkan, syarat menjadi wartawan profesional itu harus diakui di Dewan Pers, mengikuti Tes Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan ada jenjang jenjangnya dan yang terpenting harus mentaati kode etik jurnalistik serta UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Para peserta mendapat sertipikat dari PWI Muara Enim. Kabarserasan.com/amr

Dia juga menyampaikan, PWI bekerjasama dengan Medco akan menggelar lomba menulis untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) Muara Enim.

Terkait dengan itu, PWI Muara Enim memberikan kiat-kiat bagaimana cara menulis yang benar.

Materi teknik penulisan disampaikan oleh pengurus PWI Muara Enim Al Azhar yang juga sebagai Pemimpin Redaksi Harian Enim Expres Muara Enim.

Sedangkan materi untuk fotografi disampaikan oleh Taufik Firdaus yang sudah dikenal di Muara Enim sebagai salah satu fotografer kawakan.

Kegiatan ini diikuti puluhan siswa-siswi SMA/SMK dari Kecamatan Muara Enim, Lawang Kidul, Ujanmas dan beberapa kecamatan lainya. (Amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here