Karhutla di Jambi Sudah Mencapai 168 Hektare

Dansatgas Karhutla Jambi Kolonel Inf Dany Budiyanto. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Komandan Satgas (Dansatgas) Karhutla Jambi Kolonel Inf Dany Budiyanto mengatakan, sampai saat ini jumlah lahan dan hutan yang terbakar di Provinsi Jambi sudah mencapai ratusan hektar.

“Dari data yang tercatat di Posko Karhutla Jambi, jumlah hutan dan lahan sejak Januari lalu hingga saat ini sudah seluas 168 hektar di hampir seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Jambi,” ujarnya, Selasa (31/7/2018).

Menurutnya, dari 168 hektar lahan, 23 persennya adalah lahan gambut sedangkan hutannya ada seluas 49 hektar,” ujar Dansatgas kepada media ini.

Tidak itu saja, laporan dari BMKG Jambi menyebutkan, hampir seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Jambi saat ini berpontensi terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Beruntung ada pihak swasta yang bersedia menyiagakan dua helikopter water booming untuk keperluan pemadaman api di lokasi kebakaran.

“Saat ini selain petugas yang langsung turun ke lokasi untuk memadamkan api, kita juga pakai dua helikopter milik swasta untuk membantu memadamkan api di beberapa lokasi yang sulit terjangkau,” tandas Dany Budiyanto yang juga Danrem 042/Garuda Putih, Jambi.

Diakuinya, tim Satgas Karhutla Jambi melalui BPBD Jambi juga telah mengajukan satu helikopter untuk membantu pemadaman hutan dan lahan agar kebakaran tersebut tidak semakin meluas.

“Bila tidak ada halangan, satu helikopter dari pusat akan dikirim dan akan tiba di Jambi pada Kamis, 2 Agustus mendatang,” imbuhnya. (Azi)

Dansatgas Karhutla Jambi Kolonel Inf Dany Budiyanto. Kabarserasan.com/azi

 

 

Leave a Reply