65 Peserta Ikuti Seleksi O2SN SMK Kabupaten Muara Enim

Dua pebulu tangkis bertanding di seleksi O2SN SMK Kabupaten Muara Enim. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan. com — Seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMK tingkat Kabupaten Muara Enim mulai digelar hari ini.

Pembukaan O2SN SMK yang diselenggarakan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK dilaksanakan di SMKN 2 Muara Enim dan diikuti 65 peserta dari 9 sekolah negeri dan swasta, Rabu (11/4/2018).

Ketua MKKS SMK Kabupaten Muara Enim Misniati mengatakan, jumlah peserta maupun sekolah yang mengikuti O2SN tingkat kabupaten tahun ini mengalami peningkatan.

“Tahun ini peserta seleksi meningkat. Ini menunjukkan bahwa ekstrakurikuler khususnya bidang olahraga di sekolah berjalan baik,” ungkapnya.

Dijelaskannya, ajang ini memberikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat di cabang olahraga. Dia berharap pembinaan olahraga di sekolah harus terus didorong karena olimpiade dilaksanakan setiap tahun.

“O2SN ini bisa menumbuhkembangkan iklim yang sehat di lingkungan siswa SMK, dan memotivasi siswa di bidang olahraga. Lebih dari itu, kita ingin memberikan kesempatan kepada siswa supaya berprestasi di bidang olahraga, yang pada akhirnya mampu meningkatkan mutu pendidikan,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris MKKS SMK Kabupaten Muara Enim Burhanudin menambahkan, O2SN kali ini ada lima cabang olahraga yang diperlombakan, yakni karate, pencak silat, bulutangkis, atletik dan renang.

“Lokasinya sendiri ada tiga tempat, selain di SMKN 2 Muara Enim, kita pakai GOR Pancasila dan kolam renang Bukit Asam Tanjung Enim,” jelasnya.

Bagi peserta yang menjuarai perlombaan di tingkat kabupaten ini, akan menjadi duta di O2SN SMK tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang rencananya diselenggarakan pada 23-24 April 2018 di Sekayu, Musi Banyuasin.

“Tahun ini kita targetkan kontingen SMK Muara Enim bisa menjadi juara umum di O2SN Provinsi Sumsel, sehingga maju ke tingkat nasional,” tutur dia.

Lebih lanjut, Burhan mengimbau peserta untuk mengikuti perlombaan dengan serius dan sportif, sehingga yang keluar sebagai juara benar-benar berkualitas. “Karena di tingkat provinsi, bukan hanya nama sekolah yang dibawa namun juga nama kabupaten,” tutupnya.
Peserta cabang bulutangkis saat mengikuti seleksi O2SN SMK di lapangan bulutangkis SMKN 2 Muara Enim. (Ans)

 

Leave a Reply