1500 Karyawan PLN di Sumbagsel Pecahkan Rekor Muri

Karyawan PT PLN Sektor Pembangkit Bukit Asam berlomba memasak nasi goreng menggunakan kompor induksi. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Dalam rangka sosialisasi pemakaian Kompor Induksi
PT PLN Sumbagsel menggelar acara memasak nasi goreng, Jumat (9/2/2018).

Kegiatan ini sendiri berlangsung di 11 titik lokasi yang berada di 5 Provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Tak ketiggal PLN Sektor Pembangkitan Bukit Asam, Tanjungenim, ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang juga memecahkan rekor MURI memasak nasi goreng dengan Kompor Induksi ini.

Manager PT PLN Sektor Pembangkitan Bukit Asam, Eko Mursidanto mengatakan, kegiatan ini salah satu sosialisasi dari PLN untuk mengenalkan penggunaan kompor induksi sebagai alat masak baru yang ramah lingkungan, praktis dan aman sebagai alternatif pengganti kompor gas elpiji dan minyak tanah.

“Kami melibatkan karyawan PLN sebanyak 180 peserta, kalau ditotalkan ada sekitar 1500 lebih peserta yang memasak pakai kompor Induksi di 5 provinsi hari ini,” kata Eko.

Dijelaskannya, yeknologi kompor induksi tersebut, lanjutnya bertujuan mengurangi konsumsi gas elpiji 3 kg.

“Apalagi saat ini kebutuhan akan gas dalam negeri masih kurang bahkan cenderung impor dari luar. Selain itu kompor induksi lebih unggul dari kompor gas yang memerlukan tabung gas, selang dan regulator,” paparnya

Sementara Supervisor SDM dan Umum PT PLN Bukit Asam, Hasbi menambahkan, PLN saat ini memang gencar mengkampanyekan penggunaan kompor induksi sebagai alat masak kekinian. Menurutnya Kompor induksi berbeda dengan Kompor listrik konvensional yang sempat populer dikalangan masyarakat.

“Kompor induksi tidak sama dengan kompor listrik konvensional, cara kerjanya menggunakan reaksi magnetik untuk menciptakan panas, jadi mirip dengan baja atau besi yang menempel ke permukaan magnetik,” jelasnya

Bahkan, Hasbi menuturkan, kompor induksi sangat cocok buat masyarkat yang tak ingin ribet menggunakan kompor saat memasak.

Kompor induksi bisa langsung beroperasi setelah dicolokan listrik yang menyalah tanpa diperlukan peralatan lain seperti halnya kompor gas.

“Kompor induksi bisa dipakai memasak dikamar karena sifatnya portable dan praktis cukup dicolok kelistrik saja. Kompor induksi juga unggul dari segi keamanan karena anti meledak, bahkan kompor juga mati otomatis kalau tidak digunakan memasak,” pungkasnya.

Penulis: Anas
Editor: Amr

 

Leave a Reply