Protes Peliputan Dihalangi, Wartawan Demo KPUD

Demo sejumlah wartawan di KPUD Tulang Bawang/ Foto: ano

Menggala, Kabarserasan.com—Puluhan wartawan dari sejumlah media di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Rabu (07/02/2018) siang menggelar aksi demo di depan kantor KPUD setempat. Mereka memprotes pelarangan peliputan dan intimidasi kepada salah satu wartawan.

Puluhan wartawan yang melakukan demo ini berasal dari sejumlah media cetak, elektronik dan media online atau daring. Selain merasa dihambat pekerjaan mereka sebagai jurnalis, para wartawan juga kesal setelah Ketua KPUD Tulang Bawang, Reka Punata, melakukan tindakan yang dianggap sebagai bentuk intimidasi kepada salah satu rekan mereka dari mefia daring, bernana Dedi Dermawan.

Menyikapi aksi kalangan awak media ini lima komisioner KPUD bersama beberapa stafnya menemui para wartawan. Reka Punata bahkan secara terbuka mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada seluruh wartawan.

Tindakan intimidasi itu, terjadi awal Februari 2018 lalu, saat Reka melakukan kunjungan ke kantor DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tulang Bawang di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung. Saat itu Reka melarang Dedi meliput pertemuan dan, menurut Dedi, Reka menunjukkkan sikap tidak senang kepadanya menjalankan tugas selaku wartawan.

Aksi demo wartawan ini akhirnya berakhir dama, setelah pihak KPUD Tulang Bawang berjanji tetap berkomitmen untuk terbuka kepada media yang akan melakukan peliputan. (ano)

Leave a Reply