Babinsa Pematang Raman Padamkan Karhutla

babinsa padamkan api

Batanghari, Kabarserasan.com — Meskipun Kabupaten Batanghari, Jambi masih diguyur hujan, namun petugas pemantau kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tetap berjalan.

Inilah yang terjadi di wilayah Desa Pematang Rahman, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Meski diguyur hujan, namun Babinsa Pematang Raman Koramil 415-01/SK, Pelda Marzeli tetap melaksanakan giat patroli kebakaran hutan dan lahan dengan masyarakat peduli api.

Benar saja, dari hasil patroli masih ditemukan titik api, dari kebun masyarakat di desanya.

Tak ayal, Marzeli pun berjibaku memadamkan sejumlah titik api yang ada. Beruntung, pihak perusahaan dan masyarakat setempat ikut membantunya.

“Kalau ada kebakaran lahan harus cepat ditanggulangi, jangan sampai terjadi pembiaran,” kata Babinsa, Rabu (7/2/2018).

Menurutnya, jika tidak cepat ditanggulangi dikhawatirkan api akan cepat meluas dan dampaknya langsung kepada masyarakat sekitar.

“Bukan juga berdampak kepada ekonomi masyarakat, tapi juga dari kesehatan pun ikut berdampak,” jelasnya.

Disamping itu, Babinsa juga mengimbau masyarakat untuk bisa berkoordinasi langsung bila ditemukan kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing, termasuk untuk berkoordinasi dengan pihak Damkar kecamatan.

“Termasuk untuk berkoordinasi dengan perusahaan yang berada di wilayah setempat, kan perusahaan juga memiliki alat pemadam. Jadi bisa ikut membantu melakukan pemadaman,” terang Marzeli.

Selain itu dia juga meminta kepada masyarakat dan pihak perusahaan untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, sebab membuka lahan dengan cara membakar nantinya dapat membakar lahan milik masyarakat yang lain.

“Apalagi ada sanksi pidana yang siap menunggu bagi masyarakat dan perusahaan yang membuka lahan dengan cara dibakar,” tandas Babinsa.

Penulis: Azhari
Editor:Amr

Leave a Reply