Kembali, Perkebunan Tebu Milik PTPN VII Cinta Manis Terbakar

Upaya pemadaman kebakaran di perkebunan tebu PTPN VII Cinta Manis, Senin (02/10/2017)/ Foto: wan

Indralaya, Kabarserasan.com—Kebun tebu milik PT Perusahaan Negara (PT PN) VII di kawasan Cinta Manis, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, kembali terbakar dan menghanguskan ribuan pohon tebu. Ini peristiwa ketiga di perkebunan ini.

Kebakaran yang terjadi Senin (02/10/2017) siang ini masih dalam penyelidikan polisi, apakah murni karena factor cuaca panas atau karena ulah sengaja pihak tertentu. Banyaknya dedaunan kering dan kencangnya hembusan angin membuat api dengan cepat menjalar dan sulit dipadamkan. Dalam waktu singkat ribuan pohon tebu yang siap panen hangus dilalap api.

Yang membuat api makin meluas melalap pepohonan tebu, adalah tidak cepatnya proses pemadaman. Hingga satu jam kebakaran terjadi, pemadaman dilakukan dengan alat seadanya oleh pihak perusahaan dibantu sejumlah warga setempat.

“Kami tidak tahu dari mana awalnya dating api. Tiba-tiba api sudah membesar dan mengeluarkan asap tebal, dan cepat menjalar, karena daun-daun memang kering dan mudah terbakar,” kata Suryadi, salah seorang warga yang ditemui di lokasi.

Pihak polisi untuk sementara menduga kebakaran ini karena faktor alam,karena belum ditemukan petunjuk kuat adanya indikasi ulah sengaja pihak tertentu. Yang jelas, menurut polisi, ini merupakan peristiwa ketiga selama musim kemarau beberapa bulan terakhir. (wan)

Leave a Reply