Heboh, Muncul Semburan Lumpur Gas di Indralaya

Indralaya, Kabarserasan.com—Warga Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, khususnya yang tinggal di Kecamatan Indralaya, Sabtu (24/09/2022) petang dikejutkan dengan munculnya semburan lumpur bercampur gas di Kelurahan Indralaya Indah. Ketinggian semburan sekitar 30 sentimeter.

Informasi yang didapat, semburan lumpur terjadi saat sejumlah warga membuat sumur bor. Setelah galian mencapai sekitar 150 meter, tiba-tiba keluar semburan lumpur bercampur gas. Warga yang melakukan pengeboran spontan lari ketakutan, menjauhi lokasi. Semburan lumpur berhenti setelah berlangsung beberapa jam, dan Kawasan sekitar dipenuhi material lumpur.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir yang datang ke lokasi setelah menerima laporan, mendeteksi adanya kandungan gas rawa di lokasi pengeboran sumur daerah setempat.

“Kami menerima laporan dari warga sekitar pukul 18.05 WIB. Kami sudah periksa, lubang sumur bor tersebut menyemburkan lumpur bermaterial pasir, bebatuan kecil dan dikhawatirkan mengandung campuran gas. Jadi kami mengimbau warga sementara tidak dulu melakukan aktifitas, apalagi pengeboran di sekitarnya,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Ogan Ilir, Edy Rahmat.

Menurut Edy, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak PT Pertamina terkait insiden ini dan pihak perusahaan itu sudah langsung melakukan observasi menggunakan alat khusus dan mendeteksi terdapat kandungan gas rawa yang bercampur material semburan. Langkah pengamanan langsung dilakukan. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here