Bupati Tinjau Lokasi Banjir di Talang Pipa

Pemerintahan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)  sudah bersiaga dan siap melakukan penanggulangan bencana ini. Petugas BPBD dan petugas medis bersiaga selama 24 jam  sampai debit air menurun.

Penjabat Bupati Drs Apriyadi MSi, mengatakan kejadian bencana banjir setiap tahunnya terjadi. Curah hujan yang tiada henti dan kapasitas sungai ini masih minim menjadi penyebab banjir terus melanda kawasan ini.

“Saya sudah memerintahkan petugas BPBD untuk bersiaga 24 jam dan sudah menyiapkan posko darurat. Pemkab, melalui Dinas Sosial sudah memberikan bantuan,” kata Apriyadi kepada Kabarserasan.com saat meninjau banjir di kawasan Talang Pipa, Rabu (20/01/2016).

Menurut Apriyadi, Pemkab sudah membuat rencana untuk melakukan normalisasi sungai Abab, untuk mengantisipasi bencana banjir selanjutnya. ” Kita sudah membuat program. Tahun depan akan menormalisasikan Sungai Abab,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD PALI, Irwan ST sangat menyayangkan kinerja BPBD PALI yang selalu lamban menangani bencana banjir ini. ” Ini jelas terlihat. Tidak ada tenda darurat untuk menampung pengungsi maupun dapur umum untuk memasak kebutuhan masyarakat,” kata dia.

Irwan mengatakan, dia sudah menghubungi PT Pertamina Asset II Field Pendopo agar bisa memberi bantuan kepada warga yang terkena bencana banjir ini.

“Saya sudah menghubungi perusahaan PT Pertamina Asset II Field Pendopo, untuk membantu masyarakat menanggulangi bencana ini. Dan pihak Pertamina sudah bersedia (membantu),” ujarnya.

Field Manager (FM) PT Pertamina Asset II Field Pendopo, Heri Aminanto tiba di lokasi bencana didampingi Asmen Tuti sekitar pukul 11:30 siang. Menurut Heri, pihaknya hanya membantu pemerintahan untuk membantu korban banjir.

Adapun bantuan tersebut antara lain, menyiapkan satu unit perahu karet, satu perahu kayu dan satu unit tali tambang, serta 300 nasi kotak dan 50 dus air mineral.

“Saya berharap dengan ada bantuan makanan kecil ini bisa mengurangi beban warga. Kita juga menurunkan petugas operator perahu yang siap 24 jam untu membantu warga,”ujarnya.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Khairul Amri

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here