Resmi Dilantik, SMSI PALI Siap Bersinergi

Ketua SMSI Sumsel Jon Heri melantik pengurus SMSI PALI.. Kabarserasan.com/Ist

PALI, Kabarserasan.com — Kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)  Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), resmi dilantik oleh Ketua SMSI Sumsel Jon Heri, di Balai Seni Candi Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI, Senin (22/03/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Asisten II Usman Gumanti, Forkopimda, Ketua PWI, Ketua KNPI, SKPD dilingkup Pemkab PALI, Manajer Humas MHP, PT Adera, Ketua SMSI se- Sumsel.

Ketua SMSI PALI Habibi M Aride menyampaikan kesiapan SMSI PALI menjalin hubungan baik dengan semua elemen yang ada di Kabupaten PALI demi terciptanya pembangunan yang kondusif di Kabupaten PALI.

“Hadirnya SMSI di Kabupaten PALI sebagai wadah berkumpulnya para pemilik media Siber di Kabupaten PALI sebagai cerminan dan kontrol sosial pembangunan di Kabupaten PALI terkhusus terkait pemberitaan. SMSI merupakan Organisasi yang resmi dari Dewan Pers setelah PWI sebagai wadah organisasi Profesi Wartawan yang hadir di Kabupaten PALI,”  kata Habibi.

Sementara itu Ketua SMSI Sumsel Jon Heri menguraikan hadirnya SMSI berawal dari
pemikiran para senior dan Pimpinan PWI seluruh Indonesia melihat maraknya media online yang ada saat ini dan berada diluar jalur kaidah Jurnalistik.

“SMSI dan PWI ini dia organisasi yang sama-sama konstituen Dewan Pers dan SMSI terlahir dari pikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya pelurusan pemberitaan dibidang siber yang sudah sangat jauh dari kaedah dan aturan Jurnalistik,” jelasnya.

Jon Heri menuturkan, SMSI ini diresmikan ditahun 2015 di Pusat dan bertugas membimbing media siber yang ada untuk memenuhi syarat-syarat yang disyaratkan Dewan Pers menuju perusahaan media yang profesional.

“SMSI ini mempunyai wewenang melakukan bimbingan bagi para pilih media siber untuk
melengkapi segala bentuk kelengkapan sebagai media hingga tidak terjerat UU ITE. Maka itu mari bagi kawan-kawan yang memiliki website untuk melengkapi segala persyaratan yang ada hingga medianya memiliki akta Perusahaan dan berbagai persyaratan lainnya,” terang Jon.

Plh Bupati Kabupaten PALI yang diwakili oleh Asisten II Usman Gumanti mengucapkan
selamat atas pelantikan Pengurus SMSI PALI. Dia berharap sinergitas antara SMSI PALI dan Pemkab PALI dapat terjalin dengan baik terkhusus dibidang pemberitaan.

“Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik, maka dalam kesempatan ini saya berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional dan bertanggungjawab,” kata Usman.

Dia berharap SMSI memberi nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang
informatif dan edukatif, serta tentunya menghindari pemberitaan yang bersifat
bohong (hoax), fitnah maupun provokatif.

” Kita berharap terciptanya sinergitas antara SMSI selaku Organisasi Media di
Kabupaten PALI bersama Pemkab PALI,” harapnya.

Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here