Tak Ada Tokoh yang Disegani Indonesia Terus Ribut

Dia mencontohkan, kegaduhan itu seperti terjadi antara kalangan Istana dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Polri hingga Komisi Yudisial (KY) dengan Hakim.

“Kegaduhan di internal lembaga Kepresidenan, DPR, Polisi dan lain-lain terus saja terjadi. Ini semua karena saat ini Indonesia tidak memiliki seorang tokoh sentral yang disegani oleh semua pihak, oleh karena itu hal seperti  ini terus terjadi,” kata Sudding saat dihubungi wartawan di Jakarta, Minggu (23/8/2015).

Dia menilai bahwa reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu tak bisa menciptakan suasana di pemerintahan bisa berubah lebih baik. Sebab, para elit politik mengedepankan ego sektoral mereka.

“Sejatinya resuffle itu bisa menciptakan suasana yang lebih baik, tapi yang terjadi justru menimbulkan persoalan baru seperti yang terjadi antara Menko Kemaritiman Rizal Ramli dengan Meneg BUMN Rini Soemarno dan Wapres Jusuf Kalla,” ujarnya.

Anggota Komisi III DPR itu mengatakan, untuk mengatasi permasalahan yang ada diperlukan tokoh sentral. “Di zaman Pak Harto (Soeharto) semua tunduk. Di era reformasi ini terus terang, kita kehilangan tokoh seperti Taufik Kiemas karena selama ini dia yang bisa menyatukan.Ketika beliau wafat, maka persoalan seperti ini muncul,” lanjut dia.

Sudding mengharapkan agar Presiden Jokowi bisa mengatasi kegaduhan antar lembaga. Sebab, hal itu akan berdampak buruk terhadap kondisi bangsa.

“Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan harus bisa meredam hal ini. Kondisi ekonomi yang saat ini tidak menentu hendaknya tidak ditambah dengan persoalan politik dimana keributan-keributan terus terjadi. Kalau ini dibiarkan maka ini semua akan membahayakan pemerintahan saat ini,” kata dia.

Penulis  : Amri
____________________________________________________
BERITA LAIN:
Pemerintah Dinilai Tidak Solid
Di HUT RI ke-70, 1.938 Napi Korupsi Diberi Remisi
Pemerintah Diminta Sungguh-Sungguh Berdayakan Masyarakat Miskin
Ratusan Ribu Umat Muslit Ikuti Parade Tauhid Indonesia
Datang Terlambat, di Sidang Tahunan MPR, Surya Paloh Tak Diizinkan Masuk
Ketua DPD: Beban Hidup Rakyat Kini Makin Berat

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here