Atasi Kekeringan, Jokowi Bangun Ribuan Embung

Presiden Jokowi mengaku telah mengutus Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk berkeliling membagikan pompa air ke wilayah yang terkena dampak kekeringan. “Memang alam seperti itu, tetapi saya kira Mentan keliling terus ke seluruh wilayah untuk bagi-bagi pompa. Terutama di tempat-tempat yang betul-betul kering dan memerlukan air. Saya kira tahapan paling cepat itu,” kata Jokowi di Jakarta, Jumat 31 Juli 2015.

Jokowi memastikan, membangun ribuan embung adalah langkah yang bisa diambil untuk mengatasi kekeringan ekstrem dalam jangka panjang. “Ada ribuan embung mau kami bangun, kecil tapi di semua tempat. Kuncinya kekeringan itu ada tampungan air. Di NTT berpuluh tahun kekeringan, kalau tidak kami siapkan air mau menanam apa,” ujarnya.

Menurutnya, ribuan embung yang dibangun akan membantu peningkatan produksi pertanian. Selain juga nantinya bisa difungsikan pada musim apapun. “Musim apapun, akibat el nino atau tidak, ada tampungan air. Butuh waktu,” kata dia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebagian wilayah Jawa, Bali dan NTT telah mengalami kekeringan ekstrem. Setidaknya ada 12 provinsi dan 77 kabupaten/kota dengan 526 kecamatan yang telah mengalami kekeringan. Diperkirakan juga sekitar 25 ribu hektar sawah mengalami puso dan 200 ribu hektar pertanian rawan kekeringan.

Provinsi yang telah mengalami kekeringan antara lain Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Papua, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Ada juga Sumatera Selatan, Yogyakarta, Selawesi Selatan, Lampung, dan Bali.

Selain itu juga sudah ada wilayah yang lebih dari 60 hari tidak mengalami turun hujan. Kekeringan yang melanda Indonesia disebabkan adanya fenomena alam el nino yang terjadi mulai Juli hingga November 2015.

Penulis    : Nisa
Editor      : Amri
_____________________________________________________________________________
BERITA LAIN:
DPR Minta Calon Tunggal Kepala Daerah Harus Di Status Quo
Atasi Kekeringan Pemerintah Jangan Seperti Pemadam Kebakaran
Presiden Jokowi Direncanakan Tinjau Pembangunan Jalan Tol Palembang Indralaya
Ketua DPR Ingatkan Jokowi Hati-hati Pilih Menteri
DPR: Kenaikan Listrik Subsidi Pukulan Telak untuk Masyarakat Kecil
Pemerintah Siap Pangkas Suku Bunga untuk KUR

 

 

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here