PT MHP Dituding Semena-mena Tebang Pohon Karet Warga

Terkait persoalan Camat Talang Ubi berinisiatif menggelar pertemuan untuk mencari solusi. Dalam rapat yang berlangsung, di aula Kecamatan Talang Ubi, dipimpin oleh Camat Talang Ubi, Asrohi dan  dihadiri perwakilan PT MHP, Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Balan Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Benakat, perwakilan warga Desa Semangus, Kepala Desa Semanggus, dan aparat penegak hukum.

Pada kesempatan itu, Hendrik salah satu warga Desa Semangus menyampaikan, karet yang sudah berumur satu tahun di dibabat habis pihak PT MHP. Sehingga dia mengalami kerugian materi yang cukup besar.
 
“Kebun karet saya baru ?berumur satu tahun di cabut oleh petugas PT MHP. Pencabutan pohon karet diareal seluas tiga hektar itu tanpa pemberitahuan kepada kami,” kata Hendrik, Kamis (21/05/2015).
Dia menambahkan, sudah banyak kerugian yang dialami membuka lahan semak  belukar tersebut, untuk ditanam pohon. “Saya minta ganti rugi atas pemotongan batang karet saya,  jangan kami sampai dirugikan. Seharusnya mereka koordinasikan terlebih dahulu, kami punya Kades,” katanya.

Sementara itu, perwakilan PT MHP Abu mengatakan, persoalan ganti rugi ini akan dibawa ke manejemen. “Untuk ganti rugi, kami akan sampaikan kepada pihak menajemen PT MHP. Perlu diketahui lahan PT MHP seluas 296.400 hektar, itu lahan kotor, yang terdiri Muaraenim, Lahat, PALI, Musirawas, Sekayu dan Okut, dan lahan kami terus berkurang karena diklaim masyarakat,” ujar Abu.

Pada kesempatan itu Abu juga menyampaikan, izin PT MHP sejak tahun 1990 lalu. “Kita baru beroperasi  25 tahun, sedangkan izin yang diberikan kepada MHP berdurasi 43 tahun,” ujarnya. Terkait penebangan pohon karet milik warga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, pihak PT MHP tidak memberikan tanggapan.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Amri
_______________________________________________
BERITA LAIN: 

Oknum Pengurus LSM Dilaporkan ke Polisi Karena Lecehkan Wartawan

Ratusan Warga Berunjuk Rasa di Depan Kantor Bupati PALI

IPSI PALI Bidik 3 Emas Porprov Sumsel 

Cabuli Balita, Remaja Tanggung Diamankan Polisi

Tingkatkan Kerjasama, Komisi II DPRD PALI Kunjungi Pertamina Pendopo

Mobil Terperosok ke Parit, Jalan Bukit Tudung Macet Total

Sekwan Akui Sarana Gedung DPRD Belum Memadai

Dewan PALI Keluhkan Sarana Gedung yang Tidak Nyaman

Bupati Kecewa, Pegawai Disdikbud PALI Kurang Displin

Ratusan Warga PALI Ikut Audisi Film “Pergi untuk Kembali”

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here