Masyarakat Muara Enim Segera Nikmati Gas Kota

Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Muara Enim, Yulius, pemasangan gas kota tersebut mendapatkan dana bantuan dari Dirjen Migas. Dirjen Migas juga meminta Pemkab Muara Enim untuk segera merealisasikan penyaluran gas kota tersebut kepada masyarakat kota Muara Enim. 

Saat ini,  lanjut Yulius, Dirjen Migas telah meminta  Detailed Design and Engineering rencana penyaluran gas kota tersebut.  “Dirjen Migas meminta kita untuk secepatnya menyampaikan DID nya, agar anggaran yang dibutuhkan untuk pemasangan gas kota itu bisa diketahui,” jelas Yulius, , Jumat (23/1/2015).

Jika DID tersebut dalam bulan November tahun ini sudah bisa disampaikan, lanjut dia, maka pada awal tahun 2016 sudah bisa dilakukan kontruksi pemasangan gas kota itu ke rumah rumah penduduk.
                   
“Gas kota itu sistim penyalurannya menggunakan pipanisasi khusus ke setiap rumah-rumah dengan menggunakan meteran seperti meteran air PDAM. Penggunaan gas kota lebih murah 50 persen  bila dibandingkan dengan menggunakan gas LPG, karena jika terjadi kebocoran pada pipanya, gas tersebut secara otomatis akan mati,”  terang Yulius.

Dijelaskannya, untuk tahap awal pemasangan gas kota itu diberikan untuk 27 Kepala Keluarga (KK) di Kota Muara Enim. Pemasangan gas kota itu dilakukan secara gratis. Karena pemasangan gas kota itu lebih mengedepankan aspek sosialnya ketimbang profitnya.
               
Pihaknya saat ini terus berupaya melakukan percepatan persiapan pemasangan gas kota tersebut. Persiapan yang dilakukan selain pembuatan DID juga terkait pemasangan pipa gas yang nantinya akan bersentuhan dengan pipa PDAM, kabel bawah tanah milik PT Telkom, jalur rel kereta api.

“Kemarin kita melakukan rapat masalah pemasangan jalur pipa gas yang nantinya bersentuhan dengan pipa PDAM, rel kereta api maupun kabel bawah tanah milik Telkom. Kita ingin semuanya selesai dulu, agar tidak terjadi seperti kasus pemasangan pipa PDAM yang melintas bawah jalur rel kereta api,” jelasnya. (Me)
 
Berita Lain:
Bupati Muara Enim Ajak Pegawai dan Masyarakat Rutin Berolahraga 
Tingkatkan Pendapatan Daerah, Dispenda Gandeng Satpol PP dan Camat
BBM Turun, Tarif Angkot Belum Turun 
Harga BBM Turun, Harga Beras Di Muara Enim Naik 
Ratusan Peserta Ikuti PALI Extreme Off Road 
Jumlah Pembuat Paspor Meningkat  
Harga BBM Turun, Harga Beras Di Muara Enim Naik 
Ratusan Peserta Ikuti PALI Extreme Off Road 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here