Targetkan Swasembada Beras, Pemerintah Andalkan Desa Mandiri

Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakanm untuk memberdayakan masyarakat, pemerintah akan memfasilitasi petani untuk meningkatkan keterampilan dalam rangka pengembangan usaha-usaha pertanian yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

“Pemberdayaan Desa Mandiri berbasis pertanian akan menerapkan pola pertanian terpadu. Misalnya dengan memperbanyak penggunaan pupuk organik yang nantinya akan dibuat/ diproduksi oleh masyarakat desa,” Marwan Jafar, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kabarserasan.com di Jakarta, Sabtu (24/1/2015).

Marwan mrnjelaskan, selain bisa memangkas ketergantungan terhadap pupuk pabrik, dengan memproduksi kompos yang digunakan untuk usaha pertanian maka akan banyak keuntungan yang didapat.

“Selain keuntungan materi dari hasil penjualan produk pupuk organik, produksi kompos juga bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi keluarga miskin,” ujarnya.

Pertanian terpadu, kata Marwan, harus diiringi dengan Peternakan terpadu yang memproduksi bahan organik dari kotoran ternak. “Dengan adanya produksi pupuk organik, sebagian keuntungan yang didapat akan digunakan untuk membantu keluarga Pra Sejahtera (Keluarga Miskin) yang pada umumnya juga merupakan keluarga Buruh Tani,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo mengharapkan dengan sejumlah upaya yang dilakukan oleh pemerintah di berbagai bidang, Indonesia dalam tiga tahun mendatang dapat menikmati swasembada pangan khususnya beras, kedelai dan jagung. (Amr)

Berita Lain:
DPRD Muara Enim Desak Bupati Pecat Camat dan Bides Pemalas  
Dana Desa Baru Terealisasi 10 persen 
Jelang Pilkada PALI, 5 Kandidat Siap Bertarung 
Bambang Widjojanto Bisa Praperadilankan Polri 
ICW: Penangkapan Bambang, Bola Panas Jokowi 
KPU SIap Laksanakan Pilkada Serentak
133 Terpidana Mati, Tunggu Giliran Dieksekusi
Jimly Asshiddiqie Sebut UU Pilkada Lucu 
204 Daerah Lakukan Pilkada Langsung di 2015

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here