4 Sektor Belum Tersentuh KPK

Pertama, pelaku korupsi yang berasal dari korporasi yang mana subjek korupsi menurut UU Tipikor tidak hanya perorangan melainkan juga korporasi.

“Kejahatan korupsi yang dilakukan korporasi setidaknya dapat dilihat dari kasus korupsi kehutanan di Riau yang melibatkan Rusli Zainal. Terdapat 14 perusahaan yang diuntungkan dari penerbitan izin kehutanan dari kepala daerah,” kata Peneliti Divisi Investigasi ICW, Tama S. Langkun dalam jumpa pers bertajuk ’11 Tahun KPK, 11 Catatan’ di Jakarta, Senin (29/12/ 2014).

Kedua, lanjut dia, korupsi dalam pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) atau yang melibatkan pelaku dari kalangan militer. Meski sudah ada beberapa laporan dugaan korupsi di sektor pertahanan seperti kasus pengadaan pesawat Sukhoi dan tank Scorpio namun tidak ada yang kemudian diproses.

“Karena alasan tidak memiliki kewenangan, pelaku korupsi cek pelawat yaitu anggota DPR yang berasal dari militer kasusnya dilimpahkan KPK ke Polisi Militer,” ujarnya.

Ketiga, korupsi di sektor pengeluaran keuangan negara. KPK sudah mulai menjerat praktik korupsi di sektor penerimaan negara seperti pajak, bea cukai, migas, dan sumber daya alam. Namun, lembaga yang dikepalai Abraham Samad itu belum fokus pada sektor pengeluaran negara dengan indikator belum satu pun kasus korupsi di Kementerian Pekerjaan Umum yang dijerat.

Terakhir adalah KPK belum menjerat pelaku pasif pencucian uang yang berasal dari korupsi. Meski ada terobosan yang dilakukan dengan menjerat pelaku korupsi secara berlapis dengan regulasi anti korupsi dan anti pencucian uang namun pelaku yang dijerat adalah pelaku aktif.

Istri-istri dari pelaku korupsi kasus Simulator SIM Irjen Djoko Susilo, Akil Mochtar dalam kasus suap sengketa pilkada, dan Luthfi Hasan Ishaq dalam kasus suap impor daging sapi seharusnya dapat dijerat sebagai pelaku pasif dan dikenai pasal 5 UU Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

“Pelaku pasif atau yang dinilai menerima uang atau harta dari praktik pencucian uang yang berasal dari korupsi belum ada satu pun yang ditetapkan sebagai tersangka,” kata dia.(Nis/Amr)

Berita Lain:
2015 Pertaruhan Pemerintahan Jokowi
Waspada !!! Narkoba dan Curanmor Masih Mendominasi Tren Kejahatan di 2015
Libur Natal dan Tahun baru Arus Penumpang dari Palembang ke Bangka Meningkat
Penghapusan Premiun Dinilai Rugikan Pertamina
Libur Natal dan Tahun Baru, Tarif Kereta Api Tak Naik
Sepanjang Oktober-Desember 2014, Minat Investasi Capai USD 18,7 Miliar
Presiden Pastikan Proyek Trans Sumatera dan Kalimantan Dimulai Tahun Depan

Leave a Reply