Harga Beras di Muara Enim Naik

Kenaikan harga juga terjadi pada jenis beras berkualitas menengah seperti Rangkong, Selancar. Untuk beras asalan (belum dikemas, red) sebelumnya dijual Rp 8.500 per kilogram, kini sudah mencapai Rp9000 per kilogram. Sementara beras premium jenis Rangkong, Selancar Rp10 ribu naik menjadi Rp12 ribu per kilogram.

Menurut salahs seorang pedagang, Herman, saat ini harga beras di tingkat pengecer untuk jenis beras asalan berkisar antara Rp9.200 hingga Rp9.500 per kilogramnya. Sedangkan jenis Rangkong, Selancar Rp10 ribu naik menjadi Rp12 ribu per kilogram. “Sejak dua minggu terakhir sudah mulai terjadi kenaikan harga. Hanya saja kenaikannya tidak terlalu besar,” katanya, kemarin (29/12).

Sementara itu, Kasi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Amelia Purbasari, menjelaskan kenaikan harga beras biasa terjadi ketika musim hujan seperti sekarang dan biasanya terjadi hingga musim tanam. Harga beras baru akan turun ketika sudah memasuki musim panen.

”Kenaikan sudah biasa terjadi karena pada saat musim tanam harga gabah kering giling ikut naik. Ini dampaknya harga beras juga ikutan naik,” ungkapnya. Menurutnya, harga gabah kering di tingkat petani diperkirakan masih akan terus mengalami kenaikan. Setidaknya sampai musim panen tiba. Saat ini banyak petani yang masih menahan diri untuk tidak menjual gabahnya. (Me)

Berita Lain:
Polri dan Personil Gabungan Gelar Pasukan di Mapolres Muara Enim
Pak Jokowi, Lahan Kami di Gusur Tanpa Ganti Rugi
Hari Pertama Buka Bank Sumbel Babel Syariah Muara Enim Raup 400 Juta Rupiah
Tahun 2015 Pasang KWH Listrik Gratis di Muara Enim
Pemkab Muara Enim Luncurkan Kantin Kejujuran
Kurikulum 2013, Guru Kesulitan Memberi Nilai
Terobsesi Gandakan Uang, Faizal Tertipu Rp 20 Juta

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here