Sederet Artis Raih Suara Terbanyak di Dapil Mereka

Jakarta, Kabarserasan.com—Popularitas agaknya menjadi faktor sangat penting dalam meraih suara untuk kekuasaan politik, termasuk sekelas Pemilihan Umum (Pemilu), dan partai politik yang menjadi gerbongnya mendulang banyak keuntungan darinya.

Pada Pemilu 2024, hasil sementara hitungan KPU hingga Jumat (16/02/2024) malam sejumlah pesohor di tanah air meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (Dapil) mereka, mengalahkan para tokoh bahkan politisi yang menjadi pesaingnya.

Dikutip dari Kompas.com, berikut deretan nama-nama artis yang meraih suara terbanyak sementara di Pileg 2024 berdasarkan data penghitungan suara atau real count di KPU yang diambil dari situs pemilu2024.kpu.go.id.

Komeng

Alfiansyah Bustami alias Komeng diketahui maju menjadi caleg DPD RI dari Provinsi Jawa Barat (Jabar). Raihan suara Komeng per pukul 20.00 WIB telah mencapai 1.196.335 suara. Sejauh ini, Komeng jadi caleg DPD dengan suara terbanyak di Jawa Barat.

Jihan Fahira

Jihan Fahira yang maju menjadi Caleg DPD RI dari Provinsi Jabar meraih suara sementara sebanyak 462.128 yang membuatnya menjadi caleg DPD terbanyak ketiga meraih suara di Provinsi Jawa Barat.

Ahmad Dhani

Musisi Ahmad Dhani maju jadi caleg DPR RI Dapil Jawa Timur I yang meliputi Sidoarjo dan Kota Surabaya. Berdasarkan penghitungan KPU sementara hingga pukul 18.45 WIB, pentolan grup Band Dewa ini mendapat suara 19.032. Perolehan suara Ahmad Dhani berada di posisi ke-3 dapil Jawa Timur I.

Eko Patrio

Eko Patrio yang jadi Caleg dari PAN dan maju di dapil DKI Jakarta I meliputi Kota Jakarta Timur. Eko Patrio sementara ini meraih suara sebanyak 23.043. Raihan suara Eko itu menjadi salah satu yang terbanyak di Dapil DKI Jakarta I.

Kris Dayanti

Kris Dayanti jadi Caleg dari PDIP dan maju di dapil Jawa Timur V yang meliputi Malang Raya, yaitu Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kota Malang. Sementara ini, Kris Dayanti meraih suara sebanyak 24.393.

Melly Goeslaw

Penyanyi Melly Goeslaw maju jadi caleg DPR RI dapil Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Melly Goeslaw yang maju dari Partai Gerindra meraih suara sementara sebanyak 20.436. Sejauh ini, Melly Goeslaw menjadi salah satu caleg dengan suara tertinggi di Dapil Jabar I.

Once Mekel

Once Mekel maju jadi Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan dan bertarung di Dapil DKI Jakarta II yang meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri. Once Mekel sementara ini meraup suara sebanyak 71.630.

Uya Kuya

Uya Kuya maju jadi caleg DPR RI dari PAN dan bertarung di dapil DKI Jakarta II yang meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri. Sejauh ini, Uya Kuya meraih 107.066 suara dan menjadi salah satu yang meraup suara terbanyak di dapil DKI Jakarta II.

Semua hitungan memang masih sementara karena KPU masih terus melakukan perhitungan. Namun terlepas dari itu hasil suara yang diraih para artis ini mendapatkan keuntungan partai politik yang menjadi kendaraan politik para pesohor ini. (fir)

 

Advertisement