KPU Akan Gelar 5 Kali Debat Capres-Cawapres

Jakarta, Kabarserasan.com—Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar lima kali debat calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres). Debat pertama 12 Desember 2023 dan debat terakhir 4 Februari 2024, akan dilaksanakan di kantor KPU, Jakarta.

Tentang jadwal debat Capres-Cawapres ini diungkapkan Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Holik kepada media di Jakarta, Senin (04/12/2023). “Dalam rapat koordinasi kemarin itu sudah disampaikan untuk seluruh debat direncanakan di Jakarta. Debat pertama akan diselenggarakan di Kantor KPU dan debat terakhir juga di Kantor KPU,” kata Idham.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai format debat, apakah tetap sama dengan Pilpres sebelumnya atau ada perubahan, Idham mengatakan, pada dasarnya tetap sama, sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni tiga debat calon presiden dan dua debat calon wakil presiden.

“Tiga debat calon presiden dan dua debat calon wakil presiden itu ada dalam penjelasan Pasal 277 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (tentang Pemilihan Umum, kemudian kami tuangkan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum Pasal 50 ayat (1),” kata Idham.

Berikut jadwal dan tema debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024;
1. Jadwal debat pertama: Selasa, 12 Desember 2023
Tema debat pertama: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

2. Jadwal debat kedua: Jumat, 22 Desember 2023
Tema debat kedua: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.

3. Jadwal debat ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
Tema debat ketiga: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

4. Jadwal debat keempat: Minggu, 21 Januari 2024
Tema debat keempat: Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat.

5. Jadwal debat kelima: Minggu, 4 Februari 2024
Tema debat kelima: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here