Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan PLTS di IKN

Nusantara, Kabarserasan.com—Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (02/11/2023) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking ) pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan kompleks kantor Bank Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Berdasarkan keterangan yang diterima media ini, Jokowi yang sejak dua hari terakhir selalu melakukan kunjungan hinga menginap untuk memantau perkembangan pembangunan IKN tersebut, di hari ketiga kunjungannya Kamis, mengawali pantauannya dengan mengunjungi lokasi pembangunan Kantor Presiden, yang telah dipasangi bilah pertama Garuda.

Sejulah pejabat terkait yang mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungannya ini antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ad interim Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Pada hari sebelumnya, di tempat ini Jokowi telah melakukan beberapa groundbreaking proyek mulai dari Bandara Internasional IKN, Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Mayapada, Pakuwon Nusantara, Nusantara Intercultural School (NIS) dan Revitalisasi SDN 020 Sepaku.

Jokowi berharap NIS nantinya dapat menyelenggarakan pendidikan berkelas dunia bagi anak-anak. Selain itu, NIS juga diharapkan mampu menjadi salah satu pilihan sekolah dengan pendidikan yang bermutu di IKN.

“Mempromosikan pendidikan global berkelas tinggi di Nusantara, dan memberikan pilihan pendidikan yang bermutu bagi warga IKN yang berasal dari berbagai daerah, berbagai negara, dan berbagai latar belakang,” kata Jokowi, Rabu (01/11/2023).

Menurutnya, ketersediaan fasilitas kesehatan yang baik merupakan hal pertama yang selalu ditanyakan masyarakat yang ingin menjadi warga IKN. Oleh karena itu, kehadiran berbagai RS bertaraf internasional di kawasan IKN diharapkan dapat menjawab kekhawatiran masyarakat tersebut.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan bahwa investasi yang dikucurkan untuk pembangunan RS Hermina Nusantara mencapai Rp 650 miliar. Kepala Negara pun berharap pembangunan RS tersebut dapat segera selesai sehingga masyarakat IKN dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang unggul. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here