Wujudkan Tanjung Enim Kota Wisata, PTBA Kembangkan Pencak Silat

Muaraenim, Kabarserasan.com—PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus melakukan  berbagai upaya mewujudkan Tanjung Enim sebagai Kota Wisata (Kowis). Terbaru, pihak perusahaan tambang batu bara ini mengembangkan seni pencak silat.

Melalui Tim Kota Wisata (Tim Kota Wisata) yang mereka bentuk, PTBA Minggu (05/11/2023) menggelar kegiatan bertajuk “Gong Pencak Seni Solospell Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)” melibatkan 56 orang pesilat berasal dari rayon-rayon PSHT di Kecamatan Lawang Kidul.

Ketua pelaksana kegiatan, Didi Priyono menjelaskan, kegiatan merupakan rangkaian dari program Bidang Budaya dan Kearifan Lokal Tim Kowis yang sejalan dengan upaya PTBA mewujudkan Tanjung Enim sebagai tujuan kota wisata. PSHT sendiri merupakan perguruan silat yang sudah lama ada di Tanjung Enim dan  sudah banyak menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Tanjung Enim dan PTBA.

Kegiatan ini juga menjadi momentum bersatunya dua organisasi PSHT yang beberapa waktu terakhir terpecah dan mengalami dualisme organisasi dan kepengurusan..

“Alhamdulillah tidak ada gesekan-gesekan sehingga acara ini dapat berjalan. Kami ucapkan selamat bertanding bagi para peserta, berikan penampilan terbaik, Insya Allah ke depan kita adakan event-event lain yang dapat mendukung pembinaan prestasi bagi kita semua,” kata Didi

Terkait ini, Ketua Bidang Budaya dan Kearifan Lokal Kowis PTBA Yuhendri Wisra mengatakan, kegiatan Gong Pencak ini merupakan bentuk kesinambungan dari Tim Bidang Budaya dan Kearifan Lokal Kowis PTBA  yang terus mendukung dan melakukan pembinaan terhadap seni budaya di Tanjung Enim.

“Dengan melakukan pembinaan terhadap seni budaya di Tanjung Enim baik seni multi kultural maupun seni budaya kearifan lokal diharapkan dapat mendorong terwujudnya Tanjung Enim menjadi Kota Wisata,” harapnya.

Untuk diketahui, Tim Kowis PTBA pada 23-24 September 2023 lalu mengadakan Workshop dan Pelatihan Seni Tari Multikultural Reog dan Pegon yang merupakan bagian dari Program Gong Enim. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here