Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI Yang Baru

Jakarta, Kabarserasan.com—Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027 setelah dalam forum Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/02/2023), terpilih sebagai pimpinan induk sepak bola di Indonesia itu, menang suara dari tiga kandidat lainnya.

Menteri berusia 52 tahun itu mengalahkan La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, dan Doni Setiabudi. Erick meraih 64 suara dari total 86 voters. La Nyalla Mattalitti mendapat 22 suara, dan dua calon lainnya tidak memperoleh suara.

“Berdasarkan penghitungan suara, untuk Aa Nyalla total suara 22, Erick Thohir 64 suara. Dengan demikian, Ketua Umum PSSI Terpilih periode 2023-2027 adalah Bapak Erick Thohir,” ujar Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Amir Burhanuddin.

Setelah itu dilakukan pemilihan untuk dua jabatan Wakil Ketua Umum PSSI. Terdapat 16 calon. Setelah dilakukan pemungutan suara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meraih 66 suara, Sekjen PSSI yang lama, Yunus Nusi meraih 63 suara. Keduanya berhasil menyisihkan calon lain, Ratu Tisha yang meraih 41 suara, serta 12 calon lain yang tidak meraih suara sama sekali.

Namun pemilihan itu menuai banyak protes karena dinilai sarat dengan praktik kecurangan bahkan kejanggalan. Ketika pemilihan dilakukan ulang, Zainudin Amali malah tidak meraih dua besar, kalah dari Ratu Tisha dan Yunus Nusi. Namun tak lama setelah pemilihan ulang itu, Yunus menyatakan mengundurkan diri, yang dengan demikian posisi Wakil Ketua umum PSSI selanjutnya dijabat Ratu Taisha dan Zainudin Amali. (fir)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here