Kalahkan China 3-0 Indonesia Juara Piala Thomas

Aarhus, Kabarserasan.com—Kemenangan rubber set Jonatan Christie atas Li Shi Feng, menjadi penentu tim Indonesia menjadi juara piala Thomas tahun 2020. Ini merupakan juara ke 14 bagi Indonesia dan menjadi negara dengan juara terbanyak di kejuaraan ini.

Dari tanah air, Presiden Joko Widodo yang mengikuti jalannya pertandingan, mengungkapkan kegembiraannya dan menyambut gembira prestasi ini serta mengucapkan selamat kepada para pemain dan pelatih.

Babak final yang berlangsung Minggu (17/10/2021) di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, berlangsung tegang, hingga akhirnya Indonesia berhasil menaklukkan juara bertahan China dengan skor telak, 3-0. Poin-poin kemenangan tim merah putih disumbangkan oleh tunggal putra pertama Anthony Sinisuka Ginting, ganda pria Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan tunggal kedua Jonatan Christie.

Anthony Ginting n menjadi penentu Indonesia meraih juara setelah menaklukkan Li Shi Feng dengan skor 21-14, 18-21, 21-14. Sebelumnya, Anthony menang atas Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14, 21-16, dan Fajar/Rian menang dua set atas He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 21-12, 21-19.

Prestasi tim Thomas Indonesia ini, sekaligus memupus kegagalan selama 19 tahun di kejuaraan bulu tangkis beregu putra ini, setelah terakhir meraih gelar di tahun 2002. Kapten tim Hendra Setiawan sampai mengaku kehabisan kata-kata saat mengekspresikan kesuksesan Indonesia di Piala Thomas ini.

“Kami memenanginya lagi setelah 19 tahun dan akhirnya kami bisa membawanya (trofi Piala Thomas) pulang. Saya tidak tahu harus berkata apa, saya tidak bisa mengungkapkan perasaan saya,” tutur Hendra, sebagaimana dikutip dari laman resmi BWF.

Dari tanah air, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengaku turut merasakan ketegangan serta kegembiraan saat menyaksikan perjuangan tim Merah Putih dalam meraih trofi Piala Thomas 2020 ini.

“Ketegangan menyaksikan keseruan laga final Piala Thomas 2020 malam ini akhirnya berubah jadi kegembiraan begitu Jonatan Christie melompat, mengepalkan tangan, dan berteriak girang di akhir gim ketiga. Indonesia juara!” tulis Jokowi pada akun resmi instagram-nya. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here