Bupati Ahmad Yani: MTQ Ciptakan Suasana Religius

Bupati Muara EnimAhmad Yani saat membuka Perhelatan Akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 dan Pergelaran Seni Islami tingkat Kabupaten Muara Enim, di Lapangan Merdeka Kota Muara Enim, Senin (18/3/2019). Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Bupati Muara Enim Ahmad Yani mengatakan, Al-Quran merupakan sumber dari segala sumber hukum dari sumber ilmu pengetahuan yang tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji.

Hal itu sampaikan Ahmad Yani saat membuka Perhelatan Akbar Musabaqah Tilawatil Quran
(MTQ) ke-36 dan Pergelaran Seni Islami tingkat Kabupaten Muara Enim, yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Muara Enim, Senin (18/3/2019).

“Ajaran Al-Qur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup manusia perlu dikembangkan melalui proses pendidikan baik secara formal maupun nonformal. Diantaranya melalui kegiatan MTQ dalam berbagai golongan, cabang ilmu Al-Qur’an yang diselenggarakan secara berjenjang hingga ke tingkat Internasional,” kata Ahmad Yani.

Menurut Bupati, kalam illahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ akan menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat.

Selain itu juga dapat dijadikan ajang silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan, dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama masyarakat Kabupaten Muara Enim.

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta, pelatih dan official dari seluruh kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim serta semua pihak, juga stakeholder yang telah ikut berpartisipasi memeriahkan penyelenggaraan MTQ ke-36 dan Pergelaran Seni Islami tingkat Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya.

Sementara Itu, H. Zulfikar, Plt. Kabag Kesra selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, sebanyak 1.040 peserta yang berasal dari utusan 20 Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim, ikut dalam MTQ ini, yang dilaksanakan selama satu minggu mulai 17 s.d 23 Maret 2019.

Kepada peserta yang berhasil meraih juara 1 cabang tilawah golongan anak-anak, remaja dan dewasa putra dan putri, hifzil dan tafsir Qur’an akan diikut sertakan pada seleksi Tilawatil qur’an Hadist (STQH) ke XXIIV Tingkat Provinsi Sumatra Selatan pada April 2019 mendatang di Kabupaten Musi Rawas Utara.

Juara pertama  selain akan menjadi perwakilan kabupaten Muaraenim ke tingkat provinsi juga akan mendapatkan hadiah Umroh. Untuk Juara ke II mendapatkan uang tunai Rp 4,5 juta, dan juara ketiga akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 2,5 juta.

Selain Bupati Muara Enim Ir Ahmad Yani MM, acara tersebut juga dihadiri oleh Wabup Muara Enim H Juarsah SH, Wakil Ketua DPRD Muara Enim Dwi Windarti SH MH, Jajaran FKPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan ribuan peserta serta tamu undangan lainnya.(amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here