Kodim 0415/Batanghari Beri Pembekalan Netralitas TNI Kepada Babinsa

Babinsa dijajaran Korem 042/Garuda Putih diberi pembekalan netralitas. Kabarserasan.com/azi

JAMBI, Kabarserasan.com — Puluhan Babinsa yang baru menjabat dijajaran Korem 042/Garuda Putih, Jambi dikumpulkan di Kodim 0415/Batanghari, Rabu (15/8/2018).

Mereka datang untuk mendapatkan pembekalan tentang kenatralitasan TNI sebelum bergabung ditengah masyarakat.

Hal ini disampaikan Pasi Intel Kodim 0415/Batanghari Kapten Amru usai memberikan pembekalan kepada 45 Babinsa yang baru di Makodim 0415/Batanghari di kawasan Jelutung, Kota Jambi.

Menurutnya, pembekalan terkait netralitas TNI ini kepada para Babinsa yang baru lantaran mereka ditugaskan dari Kodam lain dan dari luar Kodim 0415/Batanghari.

“Mereka ini juga dari kesatuan berbeda-beda, seperti dari batalyon, pasukan tempur dan dari jawatan. Untuk itu sebelum bertugas di teritorial para Babinsa ini kita beri pembekalan,” ujar Amru.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjutnya, selain memahami agar anggota TNI netral dan tidak terpengaruh terhadap sekelilingnya saat berada ditengah masyarakat.

“TNI itu tidak berpolitik, serta tidak terlibat dalam politik praktis. Selain itu, tidak membantu pada suatu pihak sehingga menjadi Babinsa yang betul-betul netral,” tandas Amru.

Pasalnya, saat ini masuk tahun politik, dan dalam menghadapi, pileg dan pilpres. “Kita tidak mau gara-gara oknum, bisa merusak nama baik TNI terutama Angkatan Darat. Perintahnya jelas, perintah presiden Jokowi, Panglima TNI termasuk Kasad TNI, agar seluruh anggota TNI tidak berpolitik dan harus netral sesuai Undang-undang TNI Nomor 34 tahun 2004,” tegas Amru.

Disamping itu, dia berharap agar para Babinsa yang baru ini bisa mengaplikasikan ke lapangan dalam melaksanakan tupoksinya dan tidak melakukan politik praktis di masyarakat.

“Jika ditemukan ada babinsa tidak netral agar melaporkan kepada pihak TNI terdekat,” tukas Amru.

Leave a Reply